Tugas Kewirahusaan
Bisnis
Plan Yogurt
Oleh
Ferry Hardiansyah(1207724)
Program
Studi Manajemen
Fakultas
Ekonomi
Universitas Negeri Padang
Tahun
Ajaran 2014/2015
Ringkasan Eksekutif
1.1
Ringkasan Usaha
Kedai susu
menitik beratkan pada usaha kuliner dengan bahan dasar utama susu sapi. Sajian
yang kami tawarkan berupa makanan dan
minuman yang merupakan hasil kreasi dan pengembangan dari susu sapi yang
melimpah di kalangan Bandung, sehingga terdapat inovasi baru yang kami berikan
bagi setiap konsumen berupa sajian lezat yang bergizi untuk membuat masyarakat
lebih mencintai gizi. Pelayanan yang baik dengan tetap menjaga kelezatan rasa
dan kebersihan terhadap konsumen menjadi salah satu strategi kami untuk
memperoleh jumlah pelanggan yang banyak .
Pada
kesempatan ini kami menawarkan produk
susu sapi dengan bervariasi rasa yaitu susu murni, strawberry, melon, mocca,
coklat, anggur, vanilla.
1.2 Tagline
Tekat Dan Sehat
Wujudkan Insan Yang Kuat
1.3 Bidang
Usaha
Penjualan
produk kuliner dengan variasi menu dari bahan dasar susu murni.
1.4 Visi dan
Misi
1.4.1Visi
-Kedai Susu menjadi perusahaan
kuliner yang enak, bersih, bergizi, praktisdan
terjangkau harganya.
1.4.2Misi
-Menciptakan
manajemen yang kuat dan tepat
-Menjaga setiap kepercayaan
pelanggan dengan penjagaan kualitas rasa,gizi dan.kebersihan
-Mengkreasikan sajian susu murni
dengan variasi rasa yang enak danmenyahatkan
-Mempertahankan persepsi tentang
empat sehat lima sempurna.
1.5 Proyeksi
Pasar di Masa Depan
Prospek
usaha kuliner ini diperkirakan akan sangat menjanjikan. Kita bisa mengetahui
sendiri bahwa persepsi masyarakat tentang susu adalah menyehatkan. Dengan
semboyan empat sehat lima sempurna yang sudah menjamur di semua kalangan, maka
sudah pasti bahwa usaha Kedai susu sangat potensial. Melihat dari karakter
konsumen Indonesia yang sebenarnya sangat peduli dengan makanan dan minuman
yang menyehatkan, apalagi ketika makanan
dan minuman yang ditawarkan enak, murah dan bervariasi.
Konsep
pelayanan yang enak, bersih, murah dan bergizi dengan suasana tempat yang
nyaman menjadi daya tarik konsumen untuk tetap menjadi pelanggan setia kami.
Pengembangan kreasi minuman susu sapi merupakan kekhasan usaha kami yang juga
mampu menjadi daya tarik bagi konsumen.
PRODUK
Susu
Yoghurt
Rp3000
Rp3000/4000
Milkshake
Rp6000
2.1 Produk
Concept
Untuk
produk susu sapi, dijadikan dalam berbagai variasi rasa buah karena banyaknya
konsumen yang sangat menyukainya. Kami menggunakan perasa yang benar-benar
terjaga di sisi kualitas, baik rasa maupun kebersihannya. Sehingga nantinya
konsumen yakin bahwa produk kami bebas dari pengawet yang membahayakan
kesehatan tubuh. Kami yakin bahwa nantinya konsum enakan dapat merasakan
kesegaran susu sapi dari tegukan awal hingga akhir.Apalagi minuman susu sudah mendapatkan
persepsi yang bagus dari masyarakat bahwa susu itu sehat.
Untuk
harga menu masing-masing masih sangat relative terjangkau yaitu 3000/4000 untuk
susu, dan 3000 untuk yoghurt. Sangat
murah dengan manfaat yang didapatkan untuk mencukupi asupan gizi tubuh
dan mengenyangkan perut.
Seperti
yang sudah kita ketahui, sebenarnya produk yang akan dijual diKedai Susu sudah
memiliki persepsi yang sangat bagus di masyarakat. Dan kami yakin bisa
memanfaatkan persepsi tersebut untuk mendapatkan pasar dengan melakukan
berbagai inovasi. Misalkan menciptakan variasi menu baru dan menjalankan
strategi marketing yang direncanakan.
Marketing
3.1 Analisa
STP (Segmentation,Targetting,Positioning)
Segmentation
Segmentasi pasar produk Kedai Susu
dibagi menjadi beberapa bagian padadiagram di bawah ini.
Setelah
dilakukan segmentasi pemasarannya, maka dapat dilihat bahwa segmentasi
mahasiswa paling besar. Sehingga promosi akan lebih diutamakan pada mahasiswa
tetapi tanpa melupakan segmen yang lainnya.
Targeting
Dari
segmentasi pasar yang didapatkan, kami bisa melakukan target harus ada 255
mahasiswa yang datang dari total target 300 pelanggan Kedai Susu setiap
harinya. Targetan tersebut bisa diusahakan dengan berbagai cara melakukan promosi
secara rutin di kampus agar Kedai Susu bisa lebih dikenal mahasiswa.
Positioning
Positioning : kelezatan,
kebersihan, kesehatan, dan pelayanan yang optimal yang meyakinkan. Kami berusaha senantiasa memberikan
pelayanan yang prima.
3.2 Tempat
Kedai Susu
adalah kontrakan yang disewa dari warga masyarakat selama periode tertentu.
Adapun tempat yang kami pilih adalah gg. PGA (dari arah kampus IT. Telkom
sebelah kiri setelah melewati jembatan PGA). Kami menganggap tempat ini sangat
strategis karena PGA merupakan salah satut empat yang paling padat yang banyak
terdapat kostan mahasiswa. Dengan demikian kami menjadi lebih dekat dengan
konsumen yang sebagian besar adalah mahasiswa. Yang tidak kalah penting adalah
kami berusaha menyajikan suasana Kedai yang benar-benar menyegarkan pikiran
sebagai untuk mahasiswa yang penat dengan suasana kelas.
3.3
Promosi
Pemasaran yang kami lakukan melalui media online dan offline , yaitu
situs jejaring sosial, penyebaran brosur, dan penempelan pada media
informasi kampus IT Telkom, dan informasi dari mulut-ke mulut agar mendapatkan
pasar seluas-luasnya.
Strategi pemasaran lain yang dilakukan antara lain
dengan :
3.3.1 Diskon 50% semua menu
Strategi
ini dilakukan diawal ketika Kedai Susu melakukan Grand Opening. Sehingga banyak
pelanggan yang tertarik untuk mencoba. Caraini dilakukan memang untuk
memperkenalkan bahwa Kedai Susu telah dibuka.
3.3.2 Hardisk
( Hari Diskon ) mahasiswa
Bentuk
pemasaran ini adalah dengan memberikan harga diskon kepada mahasiswa setiap harinya
sesuai dengan jurusan masing-masing dikampus. Misalkan hari Senin untuk
mahasiswa jurusan teknik Telekomunikasi, Selasa untuk mahasiswa jurusan teknik
Industri, Rabu untuk mahasiswa jurusan teknik Komputer, dan seterusnya sampai
hari Minggu dengan jurusan yang berbeda setia harinya. Maksud dari strategi ini
adalah agar mahasiswa yang bersangkutan secara otomatis membantu promosi,
karena akan member tahu ke teman yang lain bahwa pada hari itu mereka mendapat
diskon. Sehingga semakin banyak orang yang tahu bahwa ada Kedai Susu yang
memberikan diskon setiap hari.
3.3.3 Gratis
minum susu
-Pelanggan
akan mendapatkan gratis minum susu dengan melakukan persyaratan yang kami
tentukan, yaitu mengajak 3 temannya untuk membeli produk Kedai Susu. Dengan
cara ini kami tidak perlu melakukan banyak action karena dari pelanggan sendiri
yang akan melakukan promosinya.
-Gratis
minum susu juga diberlakukan pada pelanggan yang sedang ulang tahun. Fungsi
dari cara ini adalah untuk mendapatkan hati pelanggan sehingga dia menjadi
pelanggan tetap. Selain itu yang paling utama adalah mendapatkan database
lengkap pelanggan sehinggam mudahkan untuk promosi selanjutnya.
3.3.4 Kartu member
Pengadaan
kartu member yang didalamnya disediakan tempat untuk tanda tangan yang menandakan
bahwa si pelanggan telah melakukan transaksi di Kedai Susu. Pelanggan akan
mendapatkan satu gelas gratis setelah mendapatkan sepuluh tanda tangan.
Sehingga pelanggan lebih terpacu untuk segera melakukan sepuluh transaksi.
Jelas sangat menguntungkan bagi Kedai Susu. Kartu member juga berfungsi untuk
mendapatkan data base pelanggan.
3.3.5 Lomba Minum
Susu
Kegiatan
ini dilakukan untuk meningkatkan animo masyarakat untuk datang ke Kedai Susu.
Orang akan sangat tertarik dengan inovasi ini karena sebagai juaranya akan
mendapatkan gratis minum susu selama satu bulan di Kedai Susu. Kegiatan ini
disamping mengejar profit, yang paling penting adalah membuat orang bisa
seru-seruan dengan kawan-kawan mereka di Kedai Susu sehingga secara otomatis
bisa menciptakan persepsi bahwa Kedai Susu adalah tempat untuk berkumpul dengan
kawan-kawan.
3.3.6 Sponsorship pada acara resmi di Kampus
Melakukan
kerja sama dengan organisasi-organisasi yang sedang mengadakan kegiatan di
kampus. Baik itu kompetisi olahraga, seminar, pelatihan, pengajian, dan
lain-lain. Ini dilakukan agar Kedai Susu lebih eksis di kampus karena memang
targer pemasaran yang utama adalah mahasiswa.
3.3.7 Group facebook Kedai
Susu
Memanfaatkan
sarana online yang disukai banyak orang untuk promosi. Memberikan informasi
terbaru kedai susu di dalamnya, mengajak anggota untuk menjaga kesehatan dengan
minum susu di kedai susu. Itu adalah sebagian kecil yang bias dilakukan di
group Kedai Susu.
3.4 Competitor
Analisis
Produk
Kedai Susu sangat mengutamakan kepuasan pelanggan, dengan memberikan minum susu
gratis untuk waktu dan ketentuan tertentu. Sesuai dengan slogan Kedai Susu “Dekat dan Sehat,
wujudkan insan yang sehat”,kami mecoba melakukan yang terbaik agar setiap pelanggan
merasa nyaman dengan kehadiran Kedai Susu.
Kami
mencoba meyakinkan bahwa tujuan utama Kedai Susu memang benar-benar ingin
membantu masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan.Selain itu kami terus
melakukan inovasi untuk pengembangan usaha untuk menjaga kesetiaan pelanggan
pada kami dengan melakukan riset untuk menciptakan menu baru dan tetap
mempertahankan pelayanan yang baik.
3.5 Analisa
SWOT
3.5.1 Strength (Kekuatan)
Kekuatan dari rencana bisnis kami
yaitu:
§ Kesadaran masyarakat bahwa susu itu
menyehatkan
§ Kelezatan pada menu yang disajikan
§ Kebersihan
minuman dan tempat, serta suasana yang nyaman
§ Menu yang menyehatkan sekaligus
mengenyangkan
§ Harga yang terjangkau
§ Pelayanan yang baik
§ Produksi bahan dasar susu masih
sangat tradisional sehingga terjagakeasliannya
§ Perasa yang bebas pengawet
3.5.2 Weakness (Kelemahan)
- Tidak semua orang suka minum susu
- Tidak semua orang suka susu
- Susu itu amis
- Susu akan basi jika terlalu lama disimpan
- Menu yoghurt masih bergantung pada produsen lain
3.5.3 Opportunity (Kesempatan)
§ Padatnya aktivitas mahasiswa IT
TELKOM yang membuat mereka tidaksempat menyajikan minuman/makanan sendiri
§ Kesadaran yang tinggi dari mahasiswa
akan pentingnya kesehatan
3.5.4 Thread (Ancaman)
§ Kemungkinan terdapatnya kompetitor
lain yang lebih enak, bersih danmurah dan inovatif
3.6 Product
Management
Dalam hal
product management, dibagi menjadi dua bagian, yaitu: Purchasing dan
Maintenance.
3.6.1 Purchasing
yaitu
tentang identifikasi tempat pembelian bahan baku yang diperlukan dalam
perusahaan.
Untuk menu
susu, bahan dasar susu sapi sendiri diambil di daerah perbukitan desa Arjasari,
Banjaran. Dan untuk bahan pelengkap susu seperti perasa, gula, coklat dan
sebagainya ada di pasar tradisional Bale Endah serta Lotte Mart dan Carefour.
Untuk menu roti, pisang dan pelengkapnya seperti meses coklat, selai, margarine,
keju bisa didapatkan dipabrik roti dan pasar tradisional Bale Endah. Sedangkan
yoghurt kami masih mengambil dari produk Freshtime dari Lembang.
3.6.2 Maintenance
Proses
perawatan bahan baku produk agar tidak basi, dan siap untuk diolah. Sehingga
bahan baku nantinya tidak terbuang sia-sia karena basi tersebut.
Untuk
perawatan bahan dasar susu sapi, setelah diambil dari peternaknya langsung
dipanaskan untuk membunuh bakteri yang terkandung di susu. Setelahnya disimpan
dalam showcase pada suhu 5derajat celcius. Dengan seperti itu susu akan tahan
hingga 5 hari.
Bahan lain
seperti roti dan pisang penjagaannya adalah dengan pencegahan. Bahan tersebut
memang dianjurkan tidak dimasukkan kedalam kulkas karena kualitasnya akan
turun. Seperti roti akan keras,dan pisang akan membusuk kulitnya. Pencegahan
dilakukan dengan memprediksikan bahan yang bersangkutan herus habis sebelum
basi. Karena untuk roti dan pisang tahan tiga hari diluar kulkas, maka sebelum tiga
hari tersebut bahan harus sudah habis.
3.7 Operation Management
Operation
Management adalah kegiatan yang terjadi dari pihak manajemen untuk menentukan pergerakan usaha. Kami lakukan dalam 2
tahap:
a)
Planning
Merencanakan
jenis dan jumlah item produk yang akan dibuat beserta kisaran harga penjualan.
Tentu saja dengan menyesuaikan antara proyeksi permintaan dengan kemampuan dari
perusahaan kami. Selain itu kami juga akan memulai “proyek“ kami dengan
menggunakan alat-alat bantu seperti time line dan target mingguan yang bisa
membuat pelaksanaan lebih terjadwal dan sesuai dengan perencanaan.
b)
Execution
Mulai melaksanakan kegiatan yang
telah direncanakan, dalam pelaksanaannya akan diadakan pembagian tugas sesuai
tanggung jawab masing-masing tim yang telah disepakati agar pergerakan
lebih efektif dan efisien.
3.8 Struktur Organisasi
Job
Description
CEO(Chief
Executive Organizer)
- Bertanggung jawab penuh atas perusahaan
- Mengkoordinasi anggota-anggotanya
agar bisa bekerja sama menjalankan
perusahaan
- Pengambil keputusan strategis
Product
Management
·
Membuat
inovasi produk usaha
·
Menjaga
kualitas produk
·
Mengontrol
stok bahan baku
Financial
Management
·
Mengatur
administrasi perusahaan
·
Mengatur
keuangan perusahaan
·
Mendokumentasikan
setiap aliran uang perusahaan
Operational
Management
·
Membuat
konsep dekorasi interior dan eksterior
·
Menyediakan segala peralatan yang dibutuhkan
·
Membuat SOP
·
Mengarahkan pegawai agar SOP berjalan dengan baik
Marketing
Management
·
Membuat
dan mengatur mekanisme pencarian dana untuk modal di awal
·
Membuat
dan mengkoordinasi publikasi produk usaha
·
Mengatur
kerjasama dengan perusahaan/lembaga tertentu(sponsorship).
Finance
4.1 Modal
-Peralatan
(panci, kulkas, pencahayaan, publikasi, packaging dll) =
Rp 8.000.000
-Sewa
tempat( 3 tahun) =
Rp 15.000.000
-Modal kerja =
Rp 2.000.000
-Dekorasi interior = Rp
5.000.000
+
TOTAL
= Rp 30.000.000
4.1.1Proyeksi
pendapatan
Asumsi setiap hari 100 konsumen/hariPemasukan
-Susu
(Rp. 4000 x 40 x 30hari) =
Rp 4.800.000
-Roti
kukus (Rp. 3000 x 20 x 30hari) =
Rp 1.800.000
-Roti
bakar (RP. 3000 x 15 x 30hari) =
Rp 1.350.000
-Pisang
Bakar (Rp. 3000 x 15 x 30hari) =
Rp 1.350.000
-Yoghurt
(Rp. 3000 x 10 x 30hari) =
Rp 900.000
+
TOTAL PEMASUKAN = Rp 10.200.000
4.2 Pengeluaran
-Bahan
baku
(susu,roti,yoghurt,pisang) = Rp 5.430.000
-Operasional
Transportasi = Rp 300.000
Gaji ( 2 x Rp
750.000 )
= Rp 1.500.000
Listrik =
Rp 100.000
Susut alat = Rp 200.000
Perlengkapan
(plastik, tisu, pewangi, dll) = Rp 200.000
+
TOTAL PENGELUARAN = Rp 7.730.000
Pendapatan bersih =
pemasukan–pengeluaran
= Rp
10.200.000–Rp
7.730.000
= Rp 2.470.000
ROI =
modal/pendapatan bersih
= Rp 30.000.000 / Rp 2.470.000
= 12,1 bulan
Kesimpulan
dan Rekomendasi
5.1 Kesimpulan
Berdasarkan proyeksi pendapatan yang dituliskan pada
proposal ini,maka rencana usaha layak untuk di jalankan. Dengan melihat
estimasi padaoutlet yang sudah berjalan menyatakan bahwa proyek ini layak.
Kemudian dengan ROI 12,1 bulan tentunya biaya investasi segera kembali dengan
cepat.Proyeksi di atas juga didukung oleh data yang kami miliki sejak berdiri 6
bulan yang lalu yaitu pada periode Desember s.d. Juni 2011 yang memperlihatkan
grafik yang meningkat, yang menjadikan investasi ini sangatlayak untuk
dijalankan.
5.2 Rekomendasi
Kedai Susu sebagai perusahaan penyedia minuman dam makanan bergizi
sangat perlu mendapat dukungan dari pemerintah maupun lembaga lainnya melalui
kredit dengan bunga rendah ataupun beasiswa. Harapan kami dengan usaha
kecil-kecilan seperti kedai susu bisa meningkatkan produktivitas dan
kreatifitas sehingga bisa membantu mengurangi pengangguran, meningkatkan nilai
tambah bagi masyarakat.
No comments:
Post a Comment