Monday, November 30, 2015

bisnis plant kewirahusahaan (yougurt)


Tugas Kewirahusaan
Bisnis Plan Yogurt




Oleh
 Ferry Hardiansyah(1207724)

Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Padang
Tahun Ajaran 2014/2015


  Ringkasan Eksekutif 
1.1              Ringkasan Usaha

Kedai susu menitik beratkan pada usaha kuliner dengan bahan dasar utama susu sapi. Sajian yang kami tawarkan berupa makanan dan minuman yang merupakan hasil kreasi dan pengembangan dari susu sapi yang melimpah di kalangan Bandung, sehingga terdapat inovasi baru yang kami berikan bagi setiap konsumen berupa sajian lezat yang bergizi untuk membuat masyarakat lebih mencintai gizi. Pelayanan yang baik dengan tetap menjaga kelezatan rasa dan kebersihan terhadap konsumen menjadi salah satu strategi kami untuk memperoleh jumlah pelanggan yang banyak .

Pada kesempatan ini kami menawarkan  produk susu sapi dengan bervariasi rasa yaitu susu murni, strawberry, melon, mocca, coklat, anggur, vanilla.

1.2       Tagline
Tekat Dan Sehat  Wujudkan Insan Yang Kuat 

1.3       Bidang Usaha
Penjualan produk kuliner dengan variasi menu dari bahan dasar susu murni.

1.4       Visi dan Misi

1.4.1Visi
-Kedai Susu menjadi perusahaan kuliner yang enak, bersih, bergizi, praktisdan terjangkau harganya.

1.4.2Misi
-Menciptakan manajemen yang kuat dan tepat
-Menjaga setiap kepercayaan pelanggan dengan penjagaan kualitas rasa,gizi dan.kebersihan
-Mengkreasikan sajian susu murni dengan variasi rasa yang enak danmenyahatkan
-Mempertahankan persepsi tentang empat sehat lima sempurna.

1.5       Proyeksi Pasar di Masa Depan

Prospek usaha kuliner ini diperkirakan akan sangat menjanjikan. Kita bisa mengetahui sendiri bahwa persepsi masyarakat tentang susu adalah menyehatkan. Dengan semboyan empat sehat lima sempurna yang sudah menjamur di semua kalangan, maka sudah pasti bahwa usaha Kedai susu sangat potensial. Melihat dari karakter konsumen Indonesia yang sebenarnya sangat peduli dengan makanan dan minuman yang menyehatkan, apalagi ketika makanan dan minuman yang ditawarkan enak, murah dan bervariasi.

Konsep pelayanan yang enak, bersih, murah dan bergizi dengan suasana tempat yang nyaman menjadi daya tarik konsumen untuk tetap menjadi pelanggan setia kami. Pengembangan kreasi minuman susu sapi merupakan kekhasan usaha kami yang juga mampu menjadi daya tarik bagi konsumen.
PRODUK
Susu
Yoghurt
 




           

                                                           


Rp3000
Rp3000/4000

                        Milkshake
 










Rp6000


2.1     Produk Concept

Untuk produk susu sapi, dijadikan dalam berbagai variasi rasa buah karena banyaknya konsumen yang sangat menyukainya. Kami menggunakan perasa yang benar-benar terjaga di sisi kualitas, baik rasa maupun kebersihannya. Sehingga nantinya konsumen yakin bahwa produk kami bebas dari pengawet yang membahayakan kesehatan tubuh. Kami yakin bahwa nantinya konsum enakan dapat merasakan kesegaran susu sapi dari tegukan awal hingga akhir.Apalagi minuman susu sudah mendapatkan persepsi yang bagus dari masyarakat bahwa susu itu sehat.

Untuk harga menu masing-masing masih sangat relative terjangkau yaitu 3000/4000 untuk susu, dan 3000 untuk yoghurt. Sangat  murah dengan manfaat yang didapatkan untuk mencukupi asupan gizi tubuh dan  mengenyangkan perut.

Seperti yang sudah kita ketahui, sebenarnya produk yang akan dijual diKedai Susu sudah memiliki persepsi yang sangat bagus di masyarakat. Dan kami yakin bisa memanfaatkan persepsi tersebut untuk mendapatkan pasar dengan melakukan berbagai inovasi. Misalkan menciptakan variasi menu baru dan menjalankan strategi marketing yang direncanakan.

Marketing

3.1       Analisa STP (Segmentation,Targetting,Positioning)

Segmentation 
Segmentasi pasar produk Kedai Susu dibagi menjadi beberapa bagian padadiagram di bawah ini.
Setelah dilakukan segmentasi pemasarannya, maka dapat dilihat bahwa segmentasi mahasiswa paling besar. Sehingga promosi akan lebih diutamakan pada mahasiswa tetapi tanpa melupakan segmen yang lainnya.

Targeting 
Dari segmentasi pasar yang didapatkan, kami bisa melakukan target harus ada 255 mahasiswa yang datang dari total target 300 pelanggan Kedai Susu setiap harinya. Targetan tersebut bisa diusahakan dengan berbagai cara melakukan promosi secara rutin di kampus agar Kedai Susu bisa lebih dikenal mahasiswa.


Positioning 
Positioning : kelezatan, kebersihan, kesehatan, dan pelayanan yang optimal yang meyakinkan. Kami berusaha senantiasa memberikan pelayanan yang prima.
3.2       Tempat
Kedai Susu adalah kontrakan yang disewa dari warga masyarakat selama periode tertentu. Adapun tempat yang kami pilih adalah gg. PGA (dari arah kampus IT. Telkom sebelah kiri setelah melewati jembatan PGA). Kami menganggap tempat ini sangat strategis karena PGA merupakan salah satut empat yang paling padat yang banyak terdapat kostan mahasiswa. Dengan demikian kami menjadi lebih dekat dengan konsumen yang sebagian besar adalah mahasiswa. Yang tidak kalah penting adalah kami berusaha menyajikan suasana Kedai yang benar-benar menyegarkan pikiran sebagai untuk mahasiswa yang penat dengan suasana kelas.

3.3       Promosi

Pemasaran yang kami lakukan melalui media online  dan offline  , yaitu situs jejaring sosial, penyebaran brosur, dan penempelan pada media informasi kampus IT Telkom, dan informasi dari mulut-ke mulut agar mendapatkan pasar seluas-luasnya.

Strategi pemasaran lain yang dilakukan antara lain dengan :

3.3.1     Diskon 50% semua menu 
Strategi ini dilakukan diawal ketika Kedai Susu melakukan Grand Opening. Sehingga banyak pelanggan yang tertarik untuk mencoba. Caraini dilakukan memang untuk memperkenalkan bahwa Kedai Susu telah dibuka.

3.3.2 Hardisk ( Hari Diskon ) mahasiswa 
Bentuk pemasaran ini adalah dengan memberikan harga diskon kepada mahasiswa setiap harinya sesuai dengan jurusan masing-masing dikampus. Misalkan hari Senin untuk mahasiswa jurusan teknik Telekomunikasi, Selasa untuk mahasiswa jurusan teknik Industri, Rabu untuk mahasiswa jurusan teknik Komputer, dan seterusnya sampai hari Minggu dengan jurusan yang berbeda setia harinya. Maksud dari strategi ini adalah agar mahasiswa yang bersangkutan secara otomatis membantu promosi, karena akan member tahu ke teman yang lain bahwa pada hari itu mereka mendapat diskon. Sehingga semakin banyak orang yang tahu bahwa ada Kedai Susu yang memberikan diskon setiap hari.

3.3.3 Gratis minum susu 
-Pelanggan akan mendapatkan gratis minum susu dengan melakukan persyaratan yang kami tentukan, yaitu mengajak 3 temannya untuk membeli produk Kedai Susu. Dengan cara ini kami tidak perlu melakukan banyak action karena dari pelanggan sendiri yang akan melakukan promosinya.

-Gratis minum susu juga diberlakukan pada pelanggan yang sedang ulang tahun. Fungsi dari cara ini adalah untuk mendapatkan hati pelanggan sehingga dia menjadi pelanggan tetap. Selain itu yang paling utama adalah mendapatkan database lengkap pelanggan sehinggam mudahkan untuk promosi selanjutnya.
3.3.4 Kartu member 
Pengadaan kartu member yang didalamnya disediakan tempat untuk tanda tangan yang menandakan bahwa si pelanggan telah melakukan transaksi di Kedai Susu. Pelanggan akan mendapatkan satu gelas gratis setelah mendapatkan sepuluh tanda tangan. Sehingga pelanggan lebih terpacu untuk segera melakukan sepuluh transaksi. Jelas sangat menguntungkan bagi Kedai Susu. Kartu member juga berfungsi untuk mendapatkan data base pelanggan.  
3.3.5 Lomba Minum Susu 
Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan animo masyarakat untuk datang ke Kedai Susu. Orang akan sangat tertarik dengan inovasi ini karena sebagai juaranya akan mendapatkan gratis minum susu selama satu bulan di Kedai Susu. Kegiatan ini disamping mengejar profit, yang paling penting adalah membuat orang bisa seru-seruan dengan kawan-kawan mereka di Kedai Susu sehingga secara otomatis bisa menciptakan persepsi bahwa Kedai Susu adalah tempat untuk berkumpul dengan kawan-kawan.



3.3.6 Sponsorship pada acara resmi di Kampus 
Melakukan kerja sama dengan organisasi-organisasi yang sedang mengadakan kegiatan di kampus. Baik itu kompetisi olahraga, seminar, pelatihan, pengajian, dan lain-lain. Ini dilakukan agar Kedai Susu lebih eksis di kampus karena memang targer pemasaran yang utama adalah mahasiswa.

3.3.7 Group facebook Kedai Susu 
Memanfaatkan sarana online yang disukai banyak orang untuk promosi. Memberikan informasi terbaru kedai susu di dalamnya, mengajak anggota untuk menjaga kesehatan dengan minum susu di kedai susu. Itu adalah sebagian kecil yang bias dilakukan di group Kedai Susu.

3.4       Competitor Analisis

Produk Kedai Susu sangat mengutamakan kepuasan pelanggan, dengan memberikan minum susu gratis untuk waktu dan ketentuan tertentu. Sesuai dengan slogan Kedai Susu “Dekat dan Sehat, wujudkan insan yang sehat”,kami mecoba melakukan yang terbaik agar setiap pelanggan merasa nyaman dengan kehadiran Kedai Susu.

Kami mencoba meyakinkan bahwa tujuan utama Kedai Susu memang benar-benar ingin membantu masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan.Selain itu kami terus melakukan inovasi untuk pengembangan usaha untuk menjaga kesetiaan pelanggan pada kami dengan melakukan riset untuk menciptakan menu baru dan tetap mempertahankan pelayanan yang baik.

3.5       Analisa SWOT
3.5.1    Strength (Kekuatan)

Kekuatan dari rencana bisnis kami yaitu:
§  Kesadaran masyarakat bahwa susu itu menyehatkan
§  Kelezatan pada menu yang disajikan
§  Kebersihan minuman dan tempat, serta suasana yang nyaman
§  Menu yang menyehatkan sekaligus mengenyangkan
§  Harga yang terjangkau
§  Pelayanan yang baik
§  Produksi bahan dasar susu masih sangat tradisional sehingga terjagakeasliannya
§  Perasa yang bebas pengawet

3.5.2    Weakness (Kelemahan)
      • Tidak semua orang suka minum susu
      • Tidak semua orang suka susu
      • Susu itu amis
      • Susu akan basi jika terlalu lama disimpan
      • Menu yoghurt masih bergantung pada produsen lain

3.5.3    Opportunity (Kesempatan)
§  Padatnya aktivitas mahasiswa IT TELKOM yang membuat mereka tidaksempat menyajikan minuman/makanan sendiri
§  Kesadaran yang tinggi dari mahasiswa akan pentingnya kesehatan
3.5.4    Thread (Ancaman)
§  Kemungkinan terdapatnya kompetitor lain yang lebih enak, bersih danmurah dan inovatif

3.6       Product Management

Dalam hal product management, dibagi menjadi dua bagian, yaitu: Purchasing dan Maintenance.
3.6.1    Purchasing
yaitu tentang identifikasi tempat pembelian bahan baku yang diperlukan dalam perusahaan.
Untuk menu susu, bahan dasar susu sapi sendiri diambil di daerah perbukitan desa Arjasari, Banjaran. Dan untuk bahan pelengkap susu seperti perasa, gula, coklat dan sebagainya ada di pasar tradisional Bale Endah serta Lotte Mart dan Carefour. Untuk menu roti, pisang dan pelengkapnya seperti meses coklat, selai, margarine, keju bisa didapatkan dipabrik roti dan pasar tradisional Bale Endah. Sedangkan yoghurt kami masih mengambil dari produk Freshtime dari Lembang.

 
3.6.2  Maintenance
Proses perawatan bahan baku produk agar tidak basi, dan siap untuk diolah. Sehingga bahan baku nantinya tidak terbuang sia-sia karena basi tersebut.
Untuk perawatan bahan dasar susu sapi, setelah diambil dari peternaknya langsung dipanaskan untuk membunuh bakteri yang terkandung di susu. Setelahnya disimpan dalam showcase pada suhu 5derajat celcius. Dengan seperti itu susu akan tahan hingga 5 hari.
Bahan lain seperti roti dan pisang penjagaannya adalah dengan pencegahan. Bahan tersebut memang dianjurkan tidak dimasukkan kedalam kulkas karena kualitasnya akan turun. Seperti roti akan keras,dan pisang akan membusuk kulitnya. Pencegahan dilakukan dengan memprediksikan bahan yang bersangkutan herus habis sebelum basi. Karena untuk roti dan pisang tahan tiga hari diluar kulkas, maka sebelum tiga hari tersebut bahan harus sudah habis.

3.7       Operation Management
Operation Management adalah kegiatan yang terjadi dari pihak manajemen untuk menentukan pergerakan usaha. Kami lakukan dalam 2 tahap:
a)              Planning
Merencanakan jenis dan jumlah item produk yang akan dibuat beserta kisaran harga penjualan. Tentu saja dengan menyesuaikan antara proyeksi permintaan dengan kemampuan dari perusahaan kami. Selain itu kami juga akan memulai “proyek“ kami dengan menggunakan alat-alat bantu seperti time line dan target mingguan yang bisa membuat pelaksanaan lebih terjadwal dan sesuai dengan perencanaan.
b)       Execution
Mulai melaksanakan kegiatan yang telah direncanakan, dalam pelaksanaannya akan diadakan pembagian tugas sesuai tanggung jawab masing-masing tim yang telah disepakati agar pergerakan lebih efektif dan efisien.  
3.8       Struktur  Organisasi
Organization Chart
 










                                                                                                                                              
Job Description 
CEO(Chief Executive Organizer)

      • Bertanggung jawab penuh atas perusahaan
      • Mengkoordinasi anggota-anggotanya agar bisa bekerja sama menjalankan        perusahaan
      • Pengambil keputusan strategis

Product Management
·         Membuat inovasi produk usaha
·         Menjaga kualitas produk
·         Mengontrol stok bahan baku

Financial Management
·         Mengatur administrasi perusahaan
·         Mengatur keuangan perusahaan
·         Mendokumentasikan setiap aliran uang perusahaan

Operational Management
·         Membuat konsep dekorasi interior dan eksterior
·         Menyediakan segala peralatan yang dibutuhkan
·         Membuat SOP
·                  Mengarahkan pegawai agar SOP berjalan dengan baik

Marketing Management
·         Membuat dan mengatur mekanisme pencarian dana untuk modal di awal
·         Membuat dan mengkoordinasi publikasi produk usaha
·         Mengatur kerjasama dengan perusahaan/lembaga tertentu(sponsorship).

 
Finance

4.1       Modal
-Peralatan
(panci, kulkas, pencahayaan, publikasi, packaging dll) = Rp 8.000.000
-Sewa tempat( 3 tahun)                                   = Rp 15.000.000
-Modal kerja                                                                        = Rp 2.000.000
-Dekorasi interior                                                                = Rp 5.000.000
                                                                                                      +
TOTAL                                                           = Rp 30.000.000

4.1.1Proyeksi pendapatan
Asumsi setiap hari 100 konsumen/hariPemasukan
-Susu (Rp. 4000 x 40 x 30hari)                        = Rp 4.800.000
-Roti kukus (Rp. 3000 x 20 x 30hari)             = Rp 1.800.000
-Roti bakar (RP. 3000 x 15 x 30hari)              = Rp 1.350.000
-Pisang Bakar (Rp. 3000 x 15 x 30hari)         = Rp 1.350.000
-Yoghurt (Rp. 3000 x 10 x 30hari)                                 = Rp 900.000
                                                                                    +
TOTAL PEMASUKAN                     = Rp 10.200.000

4.2       Pengeluaran
-Bahan baku
(susu,roti,yoghurt,pisang)                   = Rp 5.430.000
-Operasional
Transportasi                                         = Rp 300.000
Gaji ( 2 x Rp 750.000 )                                      = Rp 1.500.000
Listrik                                                                    = Rp 100.000
Susut alat                                            = Rp 200.000
Perlengkapan
(plastik, tisu, pewangi, dll)                  = Rp 200.000
                                                                                       +
TOTAL PENGELUARAN                = Rp 7.730.000
Pendapatan bersih = pemasukan–pengeluaran
= Rp 10.200.000–Rp 7.730.000
= Rp 2.470.000
ROI                             = modal/pendapatan bersih
= Rp 30.000.000 / Rp 2.470.000
= 12,1 bulan



Kesimpulan dan Rekomendasi

5.1       Kesimpulan
Berdasarkan proyeksi pendapatan yang dituliskan pada proposal ini,maka rencana usaha layak untuk di jalankan. Dengan melihat estimasi padaoutlet yang sudah berjalan menyatakan bahwa proyek ini layak. Kemudian dengan ROI 12,1 bulan tentunya biaya investasi segera kembali dengan cepat.Proyeksi di atas juga didukung oleh data yang kami miliki sejak berdiri 6 bulan yang lalu yaitu pada periode Desember s.d. Juni 2011 yang memperlihatkan grafik yang meningkat, yang menjadikan investasi ini sangatlayak untuk dijalankan.
5.2       Rekomendasi
Kedai Susu sebagai perusahaan penyedia minuman dam makanan bergizi sangat perlu mendapat dukungan dari pemerintah maupun lembaga lainnya melalui kredit dengan bunga rendah ataupun beasiswa. Harapan kami dengan usaha kecil-kecilan seperti kedai susu bisa meningkatkan produktivitas dan kreatifitas sehingga bisa membantu mengurangi pengangguran, meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat.


No comments:

Post a Comment