Wednesday, November 25, 2015

customer empowerment



4. Saudara diskusikan dan jelaskan apa Manfaat dan Kelemahan dari Customer Empowerment atau Presume bagi perusahaan. Jawaban saudara minimal 2 halaman.
Manfaat dari Cutomer Empowerment adalah :
1.      Dapat Memenuhi Kebutuhan Dan Keinginan Pasar (supaya agar perusahaan mampu menyerahkan produk kepada konsumen sesuai dengan kebutruhan dan keinginan mereka)
2.      Menghemat keuangan perusahaan dalam pemasaraan yang lebih seksama yang dirancang untuk membangun relasi pelanggan yang kuat.
3.      Membantu Menghasilkan Inovasi (konsumen dapat berperan sebagai produsen sekaligus, agar dapat memonitor keinginan dan kebutuhan pelanggan)
4.      Agar Perusahaan Terus Mengetahui Keinginan dan Kebutuhan Pelaganya.
5.      Selalu Memonitor Perkembangan Pelanggannya (perusahaan yang berhasil, selalu melihat kebutuhan dan keinginan  pelangganya)
6.      Mendorong Pelangganya Untuk Secara aktif Melayani Dirinya Sendiri (untuk mendapatkan perusahaan informasi)
7.      Dapat Pengembangan Produk Perusahaan (Pelanggan secara terus menerus memberikan saran dan ide)
8.      Dapat Memperkenalkan Produk Ke Konsumen Baru (dengan memintak partisipasi dan apa keinginan dari konsumen tersebut)
9.      Membangun Komunikasi yang Baik dengan Pelanggan
Kelemahan dari Customer Empowerment atau presume bagi perusahaan :
1.      Banyaknya kebutuhan dan keinginan pelanggan (sehingga perusahaan tidak mampu memenuhi permintaan pelanggan)
2.      Tidak terjualnya produk lama atas permintaan konsumen terus menerus terhadap produk baru
3.      Permintaan konsumen atas diskon produk yang membeli banyak





5.  Saudara jelaskan bagaimana atau apa yang dilakukan perusahan untuk mendorong partisipasi pelanggannya :berikan contoh-contoh rillnya jawaban saudara minimal 2 halaman
Contoh : Dengan menyerahkan kepada pelanggan untuk memberi tahu apa pengalaman  dan amatannya saat berada di suatau kejadiaan seperti wartawan, di tv, radio, dan surat kabar dengan demikian perusahaan media seperti ini tidak lagi perlu menyediakan karyawan untuk menjadi karyawan atau wartawan tetapi cukup dengan memperdayaan pelanggganS
Contoh :  banyak perusahaan pertambangan tidak lagi memiliki bidang R&D karena telah diserahkan ke konsumen. Artinya konsumen didorong untuk melakukan penelitian tentang sumber bahan baku untuk digali. Dari hasil-hasil penelitian konsumenlah perusahaan mendapatkan sumber-sumber bahan baku untuk digali
Contoh : tiket secara online perusahan sekarang mendorong agar pelanggan melayani dirinya sendiri seperti pencetakan tiket sendiri. Perusahaan menyuruh agar pelanggan memprint tiketnya
Contoh : dalam penerbangan perusahaan menyaran kan agar penumpang memilih bangku duduk sendiri sesuai keinginan.dan bermanfaat bagi penerbangan mem percepat keberangkatan
Contoh : perusahaan wikipedia membuka website untuk keluhan dan keinginan pelangan dan memnambahkan atau mengurangin demikian juga dengan you tube dapat diedit oleh konsumennya.radio juga seperti itu disamping pendengar,konsumen juga sekaligus sebagai reporter atau pengisi acara menyanyi
Contoh : Hollywood membuat flim snake on a plane tahun 2006 melibatkan penonton dalam aspek flim tersebut,mulai dari menyusun skenario sampai pemasarannya
Contoh : logo mindstroms (produsen mainan remaja ) berhasil mendapatkan rancangan mainan dari 300.000 deseiner yang juga pelanggan mereka dari seluruh dunia,sehingga membantu perusahaan



6. saudara observasi minimal 3 UMKM (USAHA MIKRO KECIL MENENGAH) di daerah ini lalu saudara jelaskan apakah mereka telah memanfaatkan pelangganya : kalau ya lalu seperti apa perananyan dijalankan pelanggannya : saudara jelaskan secara detail. Jawaban minimal 2 halaman.
Warung makan atau ampera sekarang sudah ada yang menjalankan customer empowerment meningkatkan keterlibatan pelanggan (prosumer)dengan konsumen masuk kerumah makan tersebut dan konsumen ditawarkan dengan sambal-sambal yang berbagai macam dan konsumen mengambil nasi sendiri sambal sendiri dan duduk dimana pelanggan menyukai system tersebut dianut dari contoh acara akat nikah. Tamu dipersilahkan mengambil makanan dan minuman sendiri yang telah disediakan
Contoh lain bisnis UMKM (USAHA MIKRO KECIL MENENGAH) dibidang pendidikan adalah lembaga pendidikan les adalah dimana murid mengatur jadwal sendiri dan memilih guru untuk mimbingan PR(pekerjan rumah) sendiri sesuai keinginan murid
Ada juga umkm yang tidak memanfaatkan pelanggan nya contohnya
UMKM (USAHA MIKRO KECIL MENENGAH) bengkel sepeda motor yang mana konsumennya yang datang sendiri dan untuk memintak servis motornya
Contoh lain dari UMKM (USAHA MIKRO KECIL MENENGAH) adalah Minimarket yang masih melayani sendiri pelanggannya. Pelanggan yang masuk ke mini market  mengambil kebutuhan rumah tangganya untuk kebutuhan sehari hari atau berbelanja cemilan  masih juga melanyani pelanggannya sendiri dengan apa yang telah diambil produk  oleh pelanggan.dan pelanggan menuju ke kasir untuk membayar  barang belian tersebut
Contoh UMKM (USAHA MIKRO KECIL MENENGAH) photo copy yang masih melayani sendiri pelanggannya. Yang memphoto copy serta menjilit makalah atau skripsi






7. dari semua uraian jawaban saudara diatas :jika UMKM (USAHA MIKRO KECIL MENENGAH) kita ingin memanfaatkan pelanggannya bagaimana menurut saudara apa yang harus dilakukan UMKM (USAHA MIKRO KECIL MENENGAH) agar mereka dapat melakukannya dengan baik jawaban saudara minimal 2 halaman.
UMKM (USAHA MIKRO KECIL MENENGAH) BENGKEL SEPEDA MOTOR yang masih melayani sendiri pelanggannya. Yang haru dilakukan untuk agar CUSTOMER EMPOWERMENT (meningkatan keterlibatan pelangganya) jadi pelanggan yang mengerjakan sendiri  apa yang mengalami kerusakaan daan disana sudah diberi petunjuk bagaimana cara membuka atau memperbaiki motor pelanggan itu sendiri
UMKM (USAHA MIKRO KECIL MENENGAH) Photo Copy yang masih melayani sendiri pelanggannya.yang harus dilakukan untuk agar CUSTOMER EMPOWERMENT (meningkatkan keterlibatan pelaggganya) adalah pelanggan yang datang untuk photo copy memphoto  copy makalahnya sendiri dengan diberi prosedur yang ditempelkan di dindingdan pelanggan memilih apa yang mau oleh pelanggan tersebut print dengan printer atai print dengan print photo copy  dan pelanggan mengambil sendiri tugas atau makalah yang mau diprint tadi
 Contoh lain dari UMKM (USAHA MIKRO KECIL MENENGAH) adalah Minimarket yang masih melayani sendiri pelanggannya. yang harus dilakukan untuk agar CUSTOMER EMPOWERMENT (meningkatkan keterlibatan pelaggganya) adalah Pelanggan yang masuk ke mini market  mengambil kebutuhan rumah tangganya untuk kebutuhan sehari hari atau berbelanja cemilan  masih juga melanyani pelanggannya sendiri dengan apa yang telah diambil produk  oleh pelanggan.dan pelanggan menuju ke kasir disana pelanggan yang mengcek harga yang hendak dibeli dan kasir hanya tinggal menerima uang atas tukaran produk yang telah diambil untuk membayar  barang belian tersebut.jadi yang disini maksudnya pelanggan lah yang menjadi kasir.


No comments:

Post a Comment