4.
Saudara diskusikan dan jelaskan apa Manfaat dan Kelemahan dari Customer
Empowerment atau Presume bagi perusahaan. Jawaban saudara minimal 2 halaman.
Manfaat
dari Cutomer Empowerment adalah :
1. Dapat
Memenuhi Kebutuhan Dan Keinginan Pasar (supaya agar perusahaan mampu
menyerahkan produk kepada konsumen sesuai dengan kebutruhan dan keinginan
mereka)
2. Menghemat
keuangan perusahaan dalam pemasaraan yang lebih seksama yang dirancang untuk
membangun relasi pelanggan yang kuat.
3. Membantu
Menghasilkan Inovasi (konsumen dapat berperan sebagai produsen sekaligus, agar
dapat memonitor keinginan dan kebutuhan pelanggan)
4. Agar
Perusahaan Terus Mengetahui Keinginan dan Kebutuhan Pelaganya.
5. Selalu
Memonitor Perkembangan Pelanggannya (perusahaan yang berhasil, selalu melihat
kebutuhan dan keinginan pelangganya)
6. Mendorong
Pelangganya Untuk Secara aktif Melayani Dirinya Sendiri (untuk mendapatkan
perusahaan informasi)
7. Dapat
Pengembangan Produk Perusahaan (Pelanggan secara terus menerus memberikan saran
dan ide)
8. Dapat
Memperkenalkan Produk Ke Konsumen Baru (dengan memintak partisipasi dan apa
keinginan dari konsumen tersebut)
9. Membangun
Komunikasi yang Baik dengan Pelanggan
Kelemahan
dari Customer Empowerment atau presume bagi perusahaan :
1. Banyaknya
kebutuhan dan keinginan pelanggan (sehingga perusahaan tidak mampu memenuhi
permintaan pelanggan)
2. Tidak
terjualnya produk lama atas permintaan konsumen terus menerus terhadap produk
baru
3. Permintaan
konsumen atas diskon produk yang membeli banyak
5.
Saudara jelaskan bagaimana atau apa yang
dilakukan perusahan untuk mendorong partisipasi pelanggannya :berikan
contoh-contoh rillnya jawaban saudara minimal 2 halaman
Contoh
: Dengan menyerahkan kepada pelanggan untuk memberi tahu apa pengalaman dan amatannya saat berada di suatau kejadiaan
seperti wartawan, di tv, radio, dan surat kabar dengan demikian perusahaan
media seperti ini tidak lagi perlu menyediakan karyawan untuk menjadi karyawan
atau wartawan tetapi cukup dengan memperdayaan pelanggganS
Contoh
: banyak perusahaan pertambangan tidak
lagi memiliki bidang R&D karena telah diserahkan ke konsumen. Artinya
konsumen didorong untuk melakukan penelitian tentang sumber bahan baku untuk
digali. Dari hasil-hasil penelitian konsumenlah perusahaan mendapatkan
sumber-sumber bahan baku untuk digali
Contoh
: tiket secara online perusahan sekarang mendorong agar pelanggan melayani
dirinya sendiri seperti pencetakan tiket sendiri. Perusahaan menyuruh agar
pelanggan memprint tiketnya
Contoh
: dalam penerbangan perusahaan menyaran kan agar penumpang memilih bangku duduk
sendiri sesuai keinginan.dan bermanfaat bagi penerbangan mem percepat
keberangkatan
Contoh
: perusahaan wikipedia membuka website untuk keluhan dan keinginan pelangan dan
memnambahkan atau mengurangin demikian juga dengan you tube dapat diedit oleh
konsumennya.radio juga seperti itu disamping pendengar,konsumen juga sekaligus
sebagai reporter atau pengisi acara menyanyi
Contoh
: Hollywood membuat flim snake on a plane tahun 2006 melibatkan penonton dalam
aspek flim tersebut,mulai dari menyusun skenario sampai pemasarannya
Contoh
: logo mindstroms (produsen mainan remaja ) berhasil mendapatkan rancangan
mainan dari 300.000 deseiner yang juga pelanggan mereka dari seluruh
dunia,sehingga membantu perusahaan
6. saudara
observasi minimal 3 UMKM (USAHA MIKRO KECIL MENENGAH) di daerah ini lalu
saudara jelaskan apakah mereka telah memanfaatkan pelangganya : kalau ya lalu
seperti apa perananyan dijalankan pelanggannya : saudara jelaskan secara
detail. Jawaban minimal 2 halaman.
Warung
makan atau ampera sekarang sudah ada yang menjalankan customer empowerment
meningkatkan keterlibatan pelanggan (prosumer)dengan konsumen masuk kerumah
makan tersebut dan konsumen ditawarkan dengan sambal-sambal yang berbagai macam
dan konsumen mengambil nasi sendiri sambal sendiri dan duduk dimana pelanggan
menyukai system tersebut dianut dari contoh acara akat nikah. Tamu
dipersilahkan mengambil makanan dan minuman sendiri yang telah disediakan
Contoh
lain bisnis UMKM (USAHA MIKRO KECIL MENENGAH) dibidang pendidikan adalah
lembaga pendidikan les adalah dimana murid mengatur jadwal sendiri dan memilih
guru untuk mimbingan PR(pekerjan rumah) sendiri sesuai keinginan murid
Ada
juga umkm yang tidak memanfaatkan pelanggan nya contohnya
UMKM
(USAHA MIKRO KECIL MENENGAH) bengkel sepeda motor yang mana konsumennya yang
datang sendiri dan untuk memintak servis motornya
Contoh
lain dari UMKM (USAHA MIKRO KECIL MENENGAH) adalah Minimarket yang masih
melayani sendiri pelanggannya. Pelanggan yang masuk ke mini market mengambil kebutuhan rumah tangganya untuk
kebutuhan sehari hari atau berbelanja cemilan
masih juga melanyani pelanggannya sendiri dengan apa yang telah diambil
produk oleh pelanggan.dan pelanggan
menuju ke kasir untuk membayar barang
belian tersebut
Contoh
UMKM (USAHA MIKRO KECIL MENENGAH) photo copy yang masih melayani sendiri
pelanggannya. Yang memphoto copy serta menjilit makalah atau skripsi
7. dari
semua uraian jawaban saudara diatas :jika UMKM (USAHA MIKRO KECIL MENENGAH)
kita ingin memanfaatkan pelanggannya bagaimana menurut saudara apa yang harus
dilakukan UMKM (USAHA MIKRO KECIL MENENGAH) agar mereka dapat melakukannya
dengan baik jawaban saudara minimal 2 halaman.
UMKM
(USAHA MIKRO KECIL MENENGAH) BENGKEL SEPEDA MOTOR yang masih melayani sendiri
pelanggannya. Yang haru dilakukan untuk agar CUSTOMER EMPOWERMENT (meningkatan
keterlibatan pelangganya) jadi pelanggan yang mengerjakan sendiri apa yang mengalami kerusakaan daan disana
sudah diberi petunjuk bagaimana cara membuka atau memperbaiki motor pelanggan
itu sendiri
UMKM
(USAHA MIKRO KECIL MENENGAH) Photo Copy yang masih melayani sendiri
pelanggannya.yang harus dilakukan untuk agar CUSTOMER EMPOWERMENT (meningkatkan
keterlibatan pelaggganya) adalah pelanggan yang datang untuk photo copy
memphoto copy makalahnya sendiri dengan
diberi prosedur yang ditempelkan di dindingdan pelanggan memilih apa yang mau
oleh pelanggan tersebut print dengan printer atai print dengan print photo copy dan pelanggan mengambil sendiri tugas atau
makalah yang mau diprint tadi
Contoh lain dari UMKM (USAHA MIKRO KECIL
MENENGAH) adalah Minimarket yang masih melayani sendiri pelanggannya. yang
harus dilakukan untuk agar CUSTOMER EMPOWERMENT (meningkatkan keterlibatan
pelaggganya) adalah Pelanggan yang masuk ke mini market mengambil kebutuhan rumah tangganya untuk
kebutuhan sehari hari atau berbelanja cemilan
masih juga melanyani pelanggannya sendiri dengan apa yang telah diambil produk oleh pelanggan.dan pelanggan menuju ke kasir
disana pelanggan yang mengcek harga yang hendak dibeli dan kasir hanya tinggal
menerima uang atas tukaran produk yang telah diambil untuk membayar barang belian tersebut.jadi yang disini
maksudnya pelanggan lah yang menjadi kasir.
No comments:
Post a Comment