BUKU PANDUAN MAGANG
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2015
KATA PENGANTAR
Magang atau Praktik Kerja Lapangan, di dunia usaha atau pada instansi pemerintah, adalah suatu bentuk proses belajar yang dilaksanakan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Sebagai sebuah mata kuliah, magang ini
diharapkan akan melengkapi kompetensi mahasiswa berupa keterampilan praktik dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja. Dengan magang ini diharapkan juga akan tercapai link and match antara FE UNP sebagai lembaga
pendidikan dengan dunia usaha dan instansi pemerintah sebagai
pihak-pihak yang akan menggunakan lulusan dari lembaga pendidikan tinggi.
Sebagai lembaga pendidikan, FE UNP tidak akan bisa memberikan kompetensi praktis
yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Sehingga kepedulian pelaku usaha dan instansi pemerintah untuk berperan serta dalam kegiatan magang mahasiswa FE UNP sangat diharapkan agar tercapainya tujuan magang tersebut.
Lebih daripada itu, peran serta pelaku usaha dan instansi pemerintah juga diharapkan dalam pengembangan kurikulum serta proses pembelajaran di FE UNP melalui evaluasi kompetensi mahasiswa magang. Dengan evaluasi tersebut, akan diperoleh kesamaan pandangan tentang
suatu keahlian yang sama-sama diharapkan oleh perguruan tinggi sebagai pihak
penghasil tenaga kerja dengan dunia usaha dan instansi pemerintah sebagai pihak pengguna.
Terakhir,
kami mengucapkan terima kasih kepada dunia usaha dan instansi
pemerintah yang telah ikut menyukseskan kegiatan magang ini dengan bersedia menerima
mahasiswa peserta magang FE UNP dan memberikan bimbingan kepada mahasiswa selama
magang. Semoga kerjasama ini
dapat berjalan secara berkesinambungan.
Padang, Juni 2015
Dekan Fakultas Ekonomi UNP
Prof. Dr. Yunia Wardi, Drs., MSi.
NIP. 19591109 198403 1 002
TIM PENYUSUN
Penasehat : Prof. Dr. Yunia Wardi, Drs, M.Si.
Penanggung Jawab : Dr. Idris, M.Si .
Drs. Zul Azhar, M.Si.
Dr. Susi Evanita, MS.
Pembina :
Fefri Indra Arza, SE, M.Si AK.
Rahmiati,SE,M.Sc.
Drs.Alianis,
MS.
Dra.Armida S,M.Si.
Pengelola
Ketua : Erly Mulyani, SE,Ak,
M.Si.
Sekretaris : Rose Rahmidani S.Pd, MM.
Anggota : Chichi Andriani, SE,MM
Mike Triani, SE,MM
Yuhendri L.V,S.Pd, M.Pd
Alpon Satrianto,
SE, ME
Mia Angelina
Setiawan, SE, M.Si
Sekretariat
Koordinator : Drs.Abdul Maujud,M.Pd
Anggota : Zamrud,A.Md
Murni Sukmawati,S.Kom.M.Pd
Irawati, A.Md
Delianis
Jasril
DAFTAR ISI
|
|
Hal.
|
|
|
|
||
Kata Pengantar
|
i
|
||
Tim Penyusun
|
iii
|
||
Daftar Isi
|
iv
|
||
BAB I
|
Pendahuluan
|
1
|
|
|
A. Pengertian
Magang Keahlian
|
1
|
|
|
B. Tujuan
dan Manfaat Magang
|
2
|
|
BAB II
|
Ruang Lingkup Kegiatan Magang Keahlian
|
4
|
|
|
A. Program
Studi Manajemen
|
4
|
|
|
B. Program
Studi Akuntansi
C. Program
Studi Ekonomi Pembangunan
|
4
5
|
|
|
D. Program Studi Pendidikan Ekonomi
|
6
|
|
BAB III
|
Persyaratan dan Aturan Magang Keahlian
|
10
|
|
|
A. Persyaratan
Mengikuti Magang Keahlian
|
10
|
|
|
B. Persyaratan
Tempat Magang
|
10
|
|
|
C. Tata
Tertib Magang
|
11
|
|
|
D. Larangan
Magang
|
12
|
|
|
E. Sanksi
|
13
|
|
BAB IV
|
Pembimbingan Magang
|
14
|
|
|
A. Pembimbingan
dengan Dosen Pembimbing
|
14
|
|
|
B. Pembimbingan
dengan Supervisor/Mentor
|
15
|
|
BAB V
|
Laporan Magang
|
17
|
|
|
A. Jurnal
Kegiatan Harian
|
17
|
|
|
B. Laporan
Magang Keahlian
|
18
|
|
|
C. Sistematika
Laporan Magang Keahlian
|
19
|
|
|
D. Penjelasan
|
20
|
|
BAB VI
|
Penilaian dan Evaluasi Magang
|
24
|
|
|
A. Penilaian
|
24
|
|
|
B. Surat
Keterangan
|
24
|
|
|
C. Evaluasi
Pelaksanaan Magang Keahlian
|
25
|
|
BAB VII
|
Penutup
|
26
|
|
Jurnal Pembimbingan Magang
|
27
|
||
Jurnal Kegiatan Harian
|
28
|
||
Lampiran
|
|
||
Catatan
|
|
|
|
|
|
|
|
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Pengertian Magang Keahlian
Praktek Magang Keahlian merupakan
kegiatan kurikuler yang dikemas
dalam sebuah mata kuliah yaitu Magang Keahlian. Magang keahlian adalah suatu
bentuk proses pembelajaran mahasiswa yang mendukung program pendidikan di FE
UNP dan program teknis praktis yang ditemukan di lapangan. Penyelenggaraan
pendidikan keahlian profesional yang memadukan secara sistematis dan sinkron
antara program pendidikan di FE UNP dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh
melalui kegiatan pengalaman langsung di dunia kerja yang mengarah kepada
pencapaian tingkat keahlian profesional tertentu. Dalam mata kuliah ini kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara langsung di dunia kerja. Kegiatan ini bertujuan
untuk membekali mahasiswa dengan keahlian praktis yang sesuai dengan situasi dan kondisi kerja nyata (riil)
yang tidak diperoleh di perguruan tinggi sehingga mahasiswa diharapkan lebih memahami dan memiliki keterampilan
dalam suatu disiplin ilmu.
Hasil dari kegiatan magang keahlian ini akan menjadi salah satu syarat bagi mahasiswa untuk menyelesaikan pendidikannya di FE UNP dan aspek penentu bagi keberhasilan mereka di dunia kerja setelah lulus.
Setiap mahasiswa FE UNP wajib mengikuti
magang keahlian yang pelaksanaannya langsung di perusahaan atau di instansi pemerintah. Magang ini merupakan satu dari sekian banyak mata
kuliah yang ada di FE UNP. Mahasiswa
harus melaksanakannya dengan sungguh-sungguh supaya pelaksanaan magang keahlian itu berhasil secara maksimal. Dalam pelaksanaan magang keahlian ini diharapkan ada kecocokan antara
kompetensi yang didapatkan mahasiswa di bangku kuliah dengan aktivitas praktik yang dilakukan di perusahaan atau di instansi pemerintah
tempat magang.
Di sisi lain, diperlukan suatu sinergi antara dunia kerja dengan lembaga pendidikan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia secara lebih luas. Maka, melalui kegiatan magang
keahlian ini, diharapkan akan
terjalin hubungan kemitraan antara FE UNP dengan dunia kerja. Magang Keahlian
ini sekaligus dimaksudkan untuk memahami dan mencari kemampuan dasar apa yang
sebenarnya diinginkan dunia kerja untuk dikembangkan di FE UNP sebagai lembaga
penghasil tenaga profesional yang berorientasi pada dunia kerja.
Untuk mengetahui kesungguhan mahasiswa, maka
perlu melakukan pencatatan atas apa yang dikerjakan selama magang keahlian
dalam bentuk “Jurnal kegiatan harian”. Jurnal ini merupakan bukti pekerjaan apa
saja yang telah dilakukan dan sejauh mana kinerja mahasiswa selama melaksanakan
magang keahlian di institusi atau perusahaan tempat magang.
Di samping itu untuk mengetahui pemahaman
atas kegiatan yang dilakukan, mahasiswa juga harus menulis laporan kelompok
yang berisikan kegiatan yang mereka lakukan, dan makalah individu yang
berisikan pembahasan dan pemecahan masalah atas hal-hal (kasus) yang diamati di
instansi pemerintah dan perusahaan tempat mahasiswa melaksanakan magang
keahlian. Informasi yang dibawa mahasiswa akan dianalisis secara teoritis
setelah mereka kembali dari praktek magang. Selain itu informasi juga dapat
digunakan oleh FE UNP sebagai dasar pengkajian tentang link and match FE UNP dengan dunia kerja.
B. Tujuan dan Manfaat Magang
Tujuan Umum
- Membangun link and match sehingga terbentuk keterkaitan dan kesepadanan antara kurikulum di perguruan tinggi dengan kebutuhan dunia kerja.
- Meningkatkan proses pembelajaran melalui proses pendidikan berbasis praktik sehingga nantinya lulusan akan menjadi tenaga kerja yang berkualitas dan profesional pada kondisi kerja yang sesungguhnya.
- Meningkatkan pengetahuan melalui pengalaman kerja riil yang diperoleh di dunia kerja, sebagai bekal untuk memahami dunia kerja yang nanti akan dihadapi setelah menyelesaikan pendidikan di FE UNP.
Tujuan Khusus
Secara khusus magang mempunyai tujuan agar
mahasiswa :
- Mempunyai kompetensi dan etos kerja yang sesuai dengan program studi yang diikuti.
- Mampu melaksanakan pekerjaan-pekerjaan rutin yang berlingkup luas pada seluruh bagian yang telah dilalui dalam kegiatan magang keahlian.
- Mampu mengelola kelompok kerja dan beradaptasi dengan lingkungan kerja tempat magang secara baik dan benar.
- Mampu mempraktikan etika kerja dalam lingkungan magang keahlian secara memuaskan.
Manfaat
1.
Menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian profesional
dengan tingkat pengetahuan dan keterampilan serta etos kerja yang sesuai dengan
tuntutan dunia kerja.
2. Sebagai
feed back dalam melakukan
penyempurnaan kurikulum dan proses
pembelajaran di FE UNP yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja.
BAB II
RUANG LINGKUP KEGIATAN MAGANG KEAHLIAN
A. Program Studi Manajemen
Magang keahlian bagi mahasiswa Program Studi Manajemen adalah proses pembelajaran yang berkaitan dengan berbagai
aktivitas pengelolaan perusahaan/instansi sehingga mahasiswa
mendapatkan pengalaman praktis berkaitan dengan :
- Aktivitas operasional perusahaan yang berhubungan dengan manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen operasi dan manajemen strategik
- Pembuatan rencana kelayakan proyek pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).
- Menyusun rencana anggaran perusahaan
- Pengoperasian mesin-mesin bisnis yang dipergunakan oleh perusahaan.
- Proses pengadaan barang dan pengelolaan persediaan pada perusahaan.
- Aliran rantai pasokan pada perusahaan.
- Pelayanan kepada pelanggan dan stakeholder.
- Aktivitas pemasaran dan penjualan dalam perusahaan.
- Pengelolaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).
- Surat menyurat bisnis dan pengelolaan administrasi kantor.
- Kegiatan-kegiatan lainnya yang berhubungan dalam proses bisnis suatu perusahaan/instansi
B. Program Studi Akuntansi
Magang keahlian bagi mahasiswa Program Studi Akuntansi adalah proses pembelajaran yang
berkaitan dengan berbagai kegiatan akuntansi sehingga mahasiswa diharapkan
mendapatkan pengalaman praktis berkaitan dengan :
- Pelayanan prima untuk kegiatan yang dilaksanakan dalam bidang akuntansi
- Penyusunan rencana bisnis pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)
- Proses akuntansi secara manual maupun komputerisasi.
- Pencatatan transaksi-transaksi keuangan
- Penyusunan dan pembuatan laporan keuangan.
- Perhitungan harga pokok produksi dan atau penjualan.
- Proses pemeriksaan akuntansi.
- Perhitungan pajak pada perusahaan.
- Penyusunan/analisis sistem informasi akuntansi.
- Pembuatan dan penyusunan rekomendasi berdasarkan anlisis laporan keuangan yang dihasilkan dalam proses akuntansi
- Analisis sistem informasi keuangan daerah.
- Kegiatan-kegiatan lainnya yang berhubungan dengan proses akuntansi suatu perusahaan/instansi.
C. Program Studi Ekonomi Pembangunan
Magang keahlian
bagi mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan adalah proses pembelajaran
yang berkaitan dengan berbagai kegiatan perekonomian dan perencanaan sehingga
mahasiswa diharapkan mendapatkan pengalaman praktis berkaitan dengan :
1.
Pekerjaan-pekerjaan perencanaan baik perencanaan
program pada instansi tempat magang keahlian maupun menyusun dokumen
perencanaan bagi instansi pemerintah maupun swasta.
2.
Analisis dokumen perencanaan daerah dalam bentuk
rencana strategis dinas, badan dan pemerintahan daerah, Rencana Anggaran dan
Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD), Arah Kebijakan Umum (AKU), kegiatan
prioritas, dan Rencana Pembangunan Tahunan (RAPETA)
3.
Penyusunan rencana riset, pemetaan masalah-masalah
ekonomi, bisnis dan sosial
4.
Melakukan analisis dalam rangka penyusunan rencana
pembangunan dengan menggunakan teknik analisis yang relevan seperti : input output (I-O), LQ, Linear programing dan lain-lain.
5.
Analisis rencana tata ruang wilayah/kota khususnya
dalam analisis ekonomi dan kependudukan.
6.
Penyususnan program partisipatif bagi organisasi massa
dan pemerintah daerah.
7.
Pendokumentasian kegiatan-kegiatan instansi tempat
magang
8.
Analisis dan evaluasi kegiatan program kerja yang telah
dilakukan
9.
Penyusunan studi kelayakan proyek dan penilaian proyek (project apraisal)
10.Kegiatan-kegiatan
lainnya yang berhubungan dengan perekonomian dan perencanaan pembangunan.
D. Program Studi
Pendidikan Ekonomi
1. Program keahlian Administrasi Perkantoran
Magang keahlian bagi mahasiswa keahlian
Administrasi Perkantoran adalah proses pembelajaran yang berkaitan dengan
berbagai aktivitas perkantoran sehingga
mahasiswa diharapkan mendapatkan pengalaman praktis berkaitan dengan:
a.
Perencanaan tata ruang kantor
b.
Penataan kearsipan
c.
Kegiatan korespondensi (pengurusan surat masuk dan
surat keluar)
d.
Kegiatan pembuatan notulen rapat
e.
Kegiatan komunikasi/Public
relation (PR)
f.
Kegiatan analisis sistem dan prosedur kerja kantor
g.
Kegiatan front
office
h.
Membuat agenda kegiatan pimpinan
i.
Menangani telepon
j.
Kegiatan-kegiatan lainnya yang berhubungan dengan
aktivitas perkantoran
2. Program Keahlian Akuntansi
Magang keahlian bagi mahasiswa keahlian
Akuntansi adalah proses pembelajaran yang berkaitan dengan berbagai kegiatan
akuntansi sehingga mahasiswa diharapkan mendapatkan pengalaman praktis
berkaitan dengan:
a.
Pelayanan prima untuk kegiatan yang dilaksanakan dalam
bidang akuntansi
b.
Siklus akuntansi untuk perusahaan jasa, dagang dan
industri kecil dan menengah
c.
Akuntansi secara manual maupun komputer
d.
Pencatatan semua transaksi keuangan dan mempelajari
penyusunan laporan keuangan perusahaan
e.
Perhitungan harga pokok produksi dan atau penjualan
secara manual maupun komputer
f.
Pembuatan dan penyusunan rekomendasi berdasarkan hasil
analisis laporan keuangan yang dihasilkan dalam proses akuntansi
g.
Penyusunan sistem informasi akuntansi sederhana untuk
perusahaan yang bergerak di bidang usaha jasa, dagang dan industri
h.
Kegiatan-kegiatan lainnya yang berhubungan dengan
proses akuntansi suatu perusahaan/instansi.
3. Program Keahlian Ekonomi Koperasi
Magang keahlian bagi mahasiswa keahlian
Ekonomi Koperasi adalah proses pembelajaran yang berkaitan dengan berbagai
kegiatan perekonomian, perencanaan dan kegiatan pengelolaan koperasi dan
UMKM sehingga diharapkan mahasiswa
mendapatkan pengalaman praktis berkaitan dengan:
a.
Pekerjaan-pekerjaan perencanaan baik perencanaan
program pada instansi tempat magang keahlian maupun menyusun dokumen
perencanaan bagi instansi pemerintah maupun swasta
b.
Analisis dokumen perencanaan daerah dalam bentuk
rencana strategis dinas, badan dan pemerintah daerah, Rencana Anggaran dan
Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Arah Kebijakan Umum (AKU), kegiatan
prioritas, dan Rencana Pembangunan Tahunan (RAPETA)
c.
Penyusunan rencana riset, pemetaan masalah-masalah
ekonomi, bisnis dan sosial
d.
Melakukan analisis dalam rangka penyusunan rencana
pembangunan
e.
Analisis rencana tata ruang wilayah/kota khususnya
dalam analisis ekonomi kependudukan
f.
Penyusunan
program partisipatif bagi organisasi massa dan pemerintah daerah
g.
Analisis dan evaluasi kegiatan program kerja yang telah
dilakukan instansi tempat magang
h.
Kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan
koperasi dan UMKM yang meliputi:
1)
Simpanan anggota
2)
Partisipasi anggota/keanggotaan koperasi
3)
RAT
4)
SHU
5)
Pengawas
6)
Unit Usaha
7)
Rencana kerja/program kerja
8)
AD
9)
ART
i.
Kegiatan-kegiatan lainnya yang berhubungan dengan
perekonomian, perkoperasian dan UMKM
4. Program Keahlian Tata Niaga
Magang keahlian bagi mahasiswa keahlian
Tata Niaga adalah kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan kegiatan
ketataniagaan/pemasaran sehingga mendapatkan pengalaman praktis berkaitan
dengan :
a.
Analisis perilaku konsumen
b.
Analisis kesesuaian produk dengan kebutuhan konsumen
c.
Analisis kebijaksanaan penetapan harga
d.
Analisis strategi pemasaran
e.
Aktivitas operasional perusahaan pada saluran
distribusi
f.
Aktivitas perusahaan pada promosi
g.
Aktivitas pemasaran dan atau penjualan pada perusahaan
h.
Pengoperasian mesin-mesin bisnis yang dipergunakan oleh
perusahaan
i.
Pelayanan kepada pelanggan dan stakeholder
j.
Menganalisa/menilai kegiatan purnajual
k.
Kegiatan-kegiatan lainnya yang berhubungan dalam proses
bisnis suatu perusahaan
BAB III
PERSYARATAN DAN ATURAN MAGANG KEAHLIAN
A. Persyaratan Mengikuti Magang Keahlian
Mahasiswa yang akan melaksanakan magang
keahlian harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :
- Mahasiswa terdaftar pada Program Studi Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.
- Mahasiswa telah menempuh minimal semester VI dan telah menyelesaikan kuliah minimal 90 SKS.
- Pelaksanaan magang keahlian dilaksanakan selama 30 hari kerja, disesuaikan dengan kalender akademik universitas dan kesepakatan dengan tempat magang.
- Penempatan magang harus sesuai dengan bidang keahlian mahasiswa yang bersangkutan.
- Tempat magang keahlian bisa di wilayah Propinsi Sumatera Barat, atau di luar wilayah Propinsi Sumatera Barat/diluar negeri
- Mengikuti coaching magang yang dilaksanakan secara serentak oleh Panitia Magang FE UNP.
B. Persyaratan Tempat Magang
Syarat-syarat perusahaan atau instansi
pemerintah yang dapat dijadikan tempat magang adalah :
- Perusahaan atau lembaga berbadan hukum atau instansi pemerintah.
- Magang dapat dilaksanakan di unit Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terdaftar pada dinas terkait.
- Menghasilkan produk barang atau jasa yang dimanfaatkan/ dikonsumsi/digunakan oleh masyarakat, lembaga swasta atau pemerintah.
- Mendapat persetujuan dari panitia magang/pimpinan FE UNP dan pimpinan perusahaan atau instansi pemerintah
C. Tata
Tertib Magang
Setiap mahasiswa peserta
magang harus memenuhi aturan tata
tertib yang ditetapkan oleh Panitia Magang FE UNP, yaitu :
- Mematuhi segala peraturan yang berlaku di tempat magang.
- Datang 10 menit sebelum jam kantor dimulai (atau disesuaikan dengan aturan jam kantor setempat).
- Memberi salam sewaktu datang dan memohon diri sewaktu hendak pulang kepada pejabat/supervisor tempat magang.
- Memakai pakaian yang telah ditentukan (baju warna putih dan celana/rok warna hitam) dan atau sesuai dengan pakaian yang berlaku di tempat magang serta berpenampilan rapi selama pelaksanaan magang.
- Memberitahukan kepada supervisor tempat magang apabila berhalangan hadir.
- Membicarakan dengan supervisor bila menemui kesulitan/masalah dalam magang.
- Menghormati seluruh karyawan/ti di tempat magang.
- Menunjukan etika dan sopan santun yang baik.
- Meminta izin apabila hendak menggunakan alat-alat/mesin-mesin di tempat magang kepada pimpinan atau pegawai yang berwenang atas alat atau mesin-mesin tersebut.
- Kreatif, inovatif, aktif dalam bekerja, teliti cermat dan penuh kehatian-hatian.
- Menjaga kebersihan, kerapihan dan keselamatan di lingkungan kerja.
- Menjaga nama baik Fakultas Ekonomi pada khususnya, Universitas Negeri Padang pada umumnya
- Mencatat segala kegiatan (aktivitas) yang dilakukan setiap hari di jurnal kegiatan harian dengan bimbingan dan persetujuan pimpinan/supervisor tempat magang.
D. Larangan
Magang
Setiap
mahasiswa dilarang :
- Melanggar peraturan/norma-norma yang berlaku di tempat magang.
- Melakukan kegiatan yang dapat merugikan atau karena kegiatannya bisa dikenakan pelanggaran pada aturan hukum dan perundang-undangan yang berlaku seperti merusak aset negara, aset perusahaan, mencuri, mengambil harta kekayaan perusahaan/instansi tanpa sepengetahuan pihak yang berwenang atau karena hak yang melekat atas sesuatu kegiatan atau pekerjaan.
- Membocorkan rahasia perusahaan.
- Melanggar kesepakatan dan atau surat pernyataan yang telah dibuat oleh mahasiswa magang.
- Berpindah tempat (job) tanpa persetujuan supervisor.
- Menerima tamu pribadi selama jam kerja (kecuali hal yang sangat penting dan harus seizin supervisor).
- Mempergunakan pesawat telepon, komputer, mesin-mesin dan peralatan kantor lainnya untuk kepentingan pribadi.
- Membawa uang dan perhiasan berlebihan.
- Memakai pakaian dan make-up yang mencolok bagi peserta wanita.
- Merokok meskipun tidak mendapat teguran dari supervisor.
E. Sanksi
Apabila
peserta magang melanggar
larangan yang disebutkan dalam bagian D di atas,
maka mahasiswa akan diberikan sanksi berupa :
1.
Teguran lisan oleh supervisor.
2.
Tidak dibenarkan melanjutkan kegiatan magang.
3.
Skorsing.
4.
Dikeluarkan
dari Fakultas Ekonomi UNP.
5.
Diproses sesuai prosedur hukum yang berlaku.
BAB IV
PEMBIMBINGAN MAGANG
Selama pelaksanaan magang keahlian, mahasiswa
dibimbing oleh dua orang
pembimbing yang terdiri dari dosen FE
UNP dan pimpinan /supervisor
di tempat magang. Adapun
aturan dari proses pembimbingan tersebut adalah sebagai berikut :
A.
Pembimbingan
dengan Dosen Pembimbing
Proses
pembimbingan magang dengan
dosen pembimbing mencakup bimbingan
selama magang dan bimbingan laporan magang (laporan kelompok dan makalah
individu) , dengan perincian sebagai berikut :
1.
Tahapan
pembimbingan diawali dengan coaching
magang yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa peserta magang.
2.
Melapor ke dosen
pembimbing setelah penunjukan
pembimbing, dengan maksud memberikan informasi kepada pembimbing, dimana
tempat magang, alamat
lengkap, dan menjelaskan rencana penulisan yang akan dilakukan.
3.
Menjelang keberangkatan, melapor kepada pembimbing
tentang rencana keberangkatan ke tempat magang.
4.
Pada saat melaksanakan
magang keahlian, setelah 6 hari kegiatan magang berlangsung mahasiswa
diwajibkan melakukan
konsultasi dengan dosen pembimbing
untuk menyampaikan perkembangan magang
dan mengkonsultasikan rencana penulisan laporan akhir magang (laporan kelompok dan makalah individu).
Bagi peserta magang yang
berada di luar wilayah Sumatera Barat atau di luar negeri, proses pembimbingan dapat dilakukan melalui
telepon atau email.
5.
Peserta magang
diharapkan akan memberikan informasi baik kepada pihak panitia magang maupun dosen pembimbing mengenai contact person di tempat magang serta prosedur yang harus
dilakukan oleh peserta magang.
6.
Bila diperlukan, dosen pembimbing akan mendatangi tempat magang untuk mengantar, monitoring atau menjemput mahasiswa magang. Jika demikian, maka mahasiswa harus
melakukan interaksi dan komunikasi yang baik dengan dosen pembimbing,
memfasilitasi pertemuan pembimbing dengan supervisor dan pimpinan perusahaan.
7.
Pada akhir
kegiatan magang, mahasiswa menyerahkan nilai asli dari tempat magang kepada
dosen pembimbing magang yang sudah di bubuhi cap perusahaan atau instansi
pemerintah.
8.
Setelah melaksanakan magang keahlian, mahasiswa diharuskan membuat laporan magang (kelompok dan makalah individu) di bawah arahan dosen pembimbing.
Tata cara pembuatan laporan magang akan dijelaskan pada bab berikutnya.
B.
Pembimbingan
dengan Supervisor/Mentor.
Di
tempat magang
keahlian mahasiswa dibimbing oleh seorang supervisor atau beberapa mentor tergantung dari
bagian penempatan mahasiswa. Selain melakukan bimbingan, supervisor/mentor juga
memberikan penilaian untuk setiap aktivitas pekerjaan, memberikan penilaian
akhir dan mengevaluasi kegiatan magang melalui kuesioner yang akan diberikan di
akhir magang keahlian. Mahasiswa diharapkan menjaga hubungan
baik dan mengikuti arahan dan saran
dari supervisor/mentor
sepanjang kegiatan dalam ruang lingkup kegiatan proses pembelajaran magang. Secara teknis, pembimbingan oleh
supervisor/mentor
dapat disepakati oleh mahasiswa dengan supervisor/ mentor.
Proses
pembimbingan dengan supervisor/mentor terkait pada
beberapa hal sebagai berikut :
1.
Pada saat kedatangan di perusahaan, mahasiswa wajib melapor dengan menemui pimpinan tempat magang atau bagian SDM atau bagian
tertentu yang telah ditunjuk oleh perusahaan/instansi tempat magang dengan membawa surat pengantar dari FE UNP atau diantar oleh dosen pembimbing.
2.
Mahasiswa
memberikan buku panduan magang kepada pimpinan
/supervisor tempat magang dan mengkomunikasikan semua tahapan aturan,
tata cara dan prosedur yang ada di dalamnya.
3.
Selama magang,
mahasiswa mengikuti arahan dan
mendapat bimbingan dari pimpinan/supervisor
tempat magang keahlian baik
mengenai tatacara kerja, budaya kerja dan prosedur kerja, maupun soal rotasi
tempat kerja (job rotation).
4.
Setiap
aktivitas pekerjaan yang dilakukan selama magang dicatat setiap hari dalam
jurnal kegiatan harian yang dilampirkan dalam laporan kelompok dan diberi
penilaian serta diparaf oleh supervisor/ mentor.
5.
Setelah pelaksanaan magang berakhir, peserta magang diharapkan menyampaikan ucapan terima kasih kepada pimpinan,
supervisor, dan karyawan/ti instansi/perusahaan tempat magang.
6.
Diakhir
pelaksanaan magang, mahasiswa mendiskusikan dan meminta persetujuan laporan kelompok
dengan pimpinan/ supervisor tempat magang.
7.
Mahasiswa
yang sudah menyelesaikan magang dimohonkan untuk diberikan surat keterangan bekerja/magang
dari tempat magang.
8.
Sebagai
bentuk evaluasi, maka mahasiswa memberikan kuesioner evaluasi magang kepada
pimpinan/supervisor tempat magang untuk diisi dan dikembalikan ke panitia
magang FE UNP diakhir pelaksanaan magang. (lampiran 8)
BAB
V
LAPORAN
MAGANG KEAHLIAN
A.
Jurnal Kegiatan Harian
Setiap mahasiswa yang mengikuti kegiatan magang keahlian
harus membuat jurnal kegiatan harian magang sebagaimana format terlampir pada bagian akhir buku ini dan diberi
penilaian oleh pimpinan/supervisor tempat magang. Pengisian laporan kegiatan
harian mengikuti pedoman sebagai berikut :
- Nama bagian/unit harus ditulis pada saat memasuki bagian/unit terkait.
- Kolom hari/tanggal diisi sesuai hari dan tanggal magang.
- Kolom pekerjaan yang dilakukan diisi jenis atau nama kegiatan yang dikerjakan oleh mahasiswa. Misalnya membuat surat resmi, menghubungi pelanggan via telepon, menyusun arsip kuitansi atau mengisi form yang dibutuhkan bagian atau unit kerja dll.
- Kolom kinerja ditulis berdasarkan penilaian atas kinerja mahasiswa oleh mentor/supervisor dengan kategori SB (Sangat Baik) , B (Baik), C (Cukup) atau K (Kurang). Adapun kategori tersebut terkait dengan 7 kriteria yaitu :
(1) Hasil Kerja.
(2) Pemahaman Tugas.
(3) Persiapan Kerja.
(4) Cara Kerja.
(5) Kebersihan.
(6) Kerapian.
(7) Keselamatan Kerja.
Kategori penilaian
adalah sebagai berikut :
a.
SB : Semua
kriteria sesuai dengan harapan/standar tempat
kerja.
b.
B :
Hasil kerja dan 3 - 5 kriteria lain sesuai dengan
harapan/standar
tempat kerja.
c.
C :
Hasil kerja dan 1 - 2 kriteria lain sesuai dengan
harapan/standar tempat kerja.
d.
K : Hasil
kerja di bawah standar tempat kerja.
Penilaian kinerja
dilakukan per hari atau minimal per minggu disesuaikan dengan aktivitas
pekerjaan yang dilakukan.
- Kolom terakhir ialah paraf dan nama mentor/supervisor langsung, yakni staff/kepala unit yang membimbing dan menilai hasil pekerjaan mahasiswa pada bagian atau unit kerja tertentu. Setiap halaman jurnal kegiatan harian juga harus dibubuhi cap perusahaan minimal satu kali per halaman yaitu pada kotak paraf supervisor baris terakhir.
B.
Laporan Magang
Keahlian
Setelah menyelesaikan kegiatan magang keahlian, setiap
mahasiswa diharuskan membuat dua karya tulis sebagai laporan magang, yaitu: (1)
Laporan Kelompok dan (2) Makalah Individu. Kedua jenis laporan magang keahlian
ini harus dipertanggungjawabkan peserta magang keahlian kepada dosen pembimbing
magang. Kedua laporan magang ini juga
menjadi bagian dari penilaian magang bagi mahasiswa yang diberikan oleh dosen
pembimbing magang. Laporan magang yang bagus harus menggambarkan seberapa jauh
pengetahuan dan pemahaman mahasiswa berkaitan dengan tempat magang dan semua
kegiatan yang dilakukan selama magang keahlian.
C.
Sistematika
Laporan Magang
Keahlian
Pembuatan laporan magang harus mengikuti teknik penulisan
karya ilmiah yang berlaku umum di Universitas Negeri Padang. Adapun
sistematika laporan magang
keahlian adalah sebagai berikut :
I.
LAPORAN KELOMPOK
Cover
Halaman Pengesahan
Kata Pengantar
Daftar
Isi
Daftar
Tabel (kalau ada)
Daftar
Gambar (kalau ada)
Daftar
Lampiran
BAB I Pendahuluan
A.
Latar
Belakang Magang Keahlian
B.
Tujuan
Magang Keahlian
C.
Manfaat
Magang Keahlian
BAB II Gambaran
Umum Perusahaan/Instansi
A.
Visi
dan Misi Perusahaan
B.
Gambaran
Umum Perusahaan
C.
Sejarah
D.
Lokasi
Perusahaan
E.
Struktur
Organisasi
F.
Bidang
Usaha/Bagian
BAB III Pelaksanaan
Magang Keahlian
A. Sistem Magang Keahlian di Perusahaan
B.
Kegiatan
Magang Keahlian di Setiap Bagian di Perusahaan
C.
Pengalaman
Positif yang Diperoleh dari Kegiatan Magang Keahlian
D.
Tantangan
Selama Magang Keahlian
BAB IV Penutup
A.
Kesimpulan
B.
Saran
Daftar Pustaka
Lampiran
Penjelasan
1.
Cover
Format
cover dapat dilihat pada lampiran.(lampiran
1)
2.
Halaman pengesahan
Format
halaman persetujuan dapat dilihat pada lampiran.(lampiran 3)
3.
Kata
Pengantar
4.
Daftar Isi, Tabel, Gambar dan Lampiran
Format
daftar isi, tabel, gambar dan
lampiran mengikuti aturan penulisan karya ilmiah.
5.
BAB
I Pendahuluan
Dalam
Bab I harus dijelaskan tentang
latar belakang,tujuan dan manfaat magang keahlian.
6.
BAB
II Gambaran
Umum Perusahaan/Instansi
Dalam
Bab II harus dijelaskan gambaran umum perusahaan/instansi tempat magang yang
meliputi sejarah, visi,
misi, motto,
struktur organisasi, produk dan
hal lain yang terkait.
7.
BAB
III Pelaksanaan Magang Keahlian
Bab
III ini terdiri dari empat
bagian yaitu :
A. Sistem Magang Keahlian
Pada
bagian ini dijelaskan secara spesifik tentang unit/divisi/lokasi penempatan
magang mahasiswa, misalnya di kantor cabang atau di bagian tertentu dalam perusahaan/instansi.
B. Kegiatan Magang Keahlian di Setiap Bagian di Perusahaan
Pada
bagian ini dijelaskan tentang bentuk-bentuk
pekerjaan yang dilaksanakan selama magang keahlian.Penjelasan dapat dibuat berdasarkan
pengelompokan pekerjaan per divisi atau berdasarkan penempatan mahasiswa pada
setiap bagian di tempat magang keahlian.
C. Pengalaman Positif yang Diperoleh dari Kegiatan Magang
Keahlian
Pada
bagian ini dijelaskan tentang pengalaman
positif
yang diperoleh mahasiswa selama magang keahlian. Pengalaman positif ini bisa juga terkait dengan kompetensi yang
didapat selama pelaksanaan magang dan hal lain yang di rasa perlu.
D.
Tantangan
Selama Magang Keahlian
Bagian ini berisikan penjelasan tentang tantangan yang
ditemui selama magang baik yang berbentuk rintangan dalam pelaksanaan magang
maupun yang dapat menjadi kesempatan bagi mahasiswa.
8.
BAB
IV Penutup
A. Kesimpulan
Dalam
bagian ini
mahasiswa membuat kesimpulan dari laporan Kelompok magang keahlian
B. Saran
Saran yang diberikan dalam bagian ini berkaitan dengan
pelaksanaan magang dan dapat juga terkait dengan perbaikan layanan, prosedur,
proses dan administrasi di tempat magang keahlian.
9.
Daftar Pustaka
Daftar pustaka mengikuti aturan penulisan tugas akhir.
10. Lampiran
·
Fotokopi
surat keterangan dari tempat magang (jika ada).
·
Fotokopi
nilai dari tempat magang.
·
Fotokopi
surat penerimaan magang dari perusahaan/instansi.
·
Fotokopi
surat pengajuan magang keahlian ke perusahaan atau instansi pemerintah.
II.
MAKALAH INDIVIDU
Cover
Halaman
Pengesahan Dari Pembimbing
Kata
Pengantar
Daftar Isi
A.
Latar
Belakang
B.
Permasalahan
C.
Kajian
Teori
D.
Hasil
dan Pembahasan
E.
Kesimpulan
dan Saran
F.
Daftar
Bacaan
Penjelasan
A. Latar Belakang
Latar
Belakang merupakan penjelasan secara deskriptif tentang kenapa masalah atau
kasus tersebut penting diangkat. Latar Belakang juga berisikan tentang fakta
yang didukung oleh data yang memadai untuk ditulis dan dibahas.
B. Permasalahan
Masalah merupakan kesenjangan atau persoalan yang
diamati, atau berupa keadaan yang menunjukkan ketidaksamaan antara fakta dengan
teoritis atau nilai normatif (dapat berbentuk kealitatif atau kuantitatif).
Kasus yang ditulis harus sesuai dengan bidang studi atau keahlian masing-masing
mahasiswa. Kasus merupakan fakta, kenyataan atau praktek pengelolaan
instansi/perusahaan yang berbeda dengan pemahaman teoritis mahasiswa atas objek
yang diamati.
C. Kajian Teori
Kajian Teori merupakan urutan kronologis pendapat para
ahli yang kompeten pada bidang kasus yang diangkat. Penyusunan kajian teori ini
dibuat sesuai dengan panduan penulisan karya tulis ilmiah yang berlaku umum di
Universitas Negeri Padang.
D. Hasil dan Pembahasan
Bagian ini membahas tentang masalah-masalah dan hasil
yang dikemukakan dan membandingkannya berdasarkan teori-teori yang relevan.
Selanjutnya dilakukan analisis atas data yang diperoleh sehingga dihasilkan
pemikiran (elaborasi) penulis atas kasus yang diangkat.
E. Kesimpulan dan Saran
1.
Kesimpulan
Merupakan pokok pemikiran yang diperoleh setelah
memecahkan masalah
2.
Saran
Merupakan saran atas kasus yang diangkat, saran yang
diberikan harus relevan antara masalah, pembahasan dan kesimpulan yang
diberikan.
F. Daftar Bacaan
Format penulisan daftar bacaan harus sesuai dengan
panduan penulisan karya ilmiah yang berlaku umum di Universitas Negeri Padang.
BAB
VI
PENILAIAN DAN EVALUASI MAGANG
A. Penilaian
Aktivitas mahasiswa selama magang keahlian
akan dinilai oleh pimpinan/ supervisor tempat magang dan dosen pembimbing.
Nilai akhir magang (NA) merupakan gabungan dari nilai pimpinan/supervisor
tempat magang (NTP), rekapitulasi nilai kinerja pada jurnal kegiatan harian (NKJ)
dan nilai dosen pembimbing magang (NPM) dengan komposisi 30% : 30% : 40% (NA =
0,3*NTP + 0,3*NKJ + 0,4*NPM). Rekapitulasi nilai kinerja pada jurnal kegiatan
harian (NKJ) dan nilai akhir (NA) akan diakumulasikan oleh dosen pembimbing
magang keahlian yang nantinya akan diberikan ke panitia magang keahlian FE UNP.
Baik dosen pembimbing dan pimpinan/supervisor tempat magang keahlian memberikan
nilai dengan kriteria dan bobot sesuai dengan format yang diberikan.
Untuk merekapitulasi nilai kinerja pada
jurnal kegiatan harian, maka dosen pembimbing menggunakan kriteria sebagi
berikut :
- Kinerja SB (Sangat Baik) bernilai 90.
- Kinerja B (Baik) bernilai 80.
- Kinerja C (Cukup) bernilai 70.
- Kinerja K (Kurang) bernilai 65.
Semua nilai dijumlahkan dan dirata-ratakan menjadi
rata-rata nilai kinerja pada jurnal kegiatan harian.
B.
Surat Keterangan
Sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan
kepada mahasiswa maka setelah menyelesaikan magang keahlian, mahasiswa akan
diberikan surat keterangan magang keahlian yang dikeluarkan oleh tempat magang
sesuai dengan format dan aturan yang berlaku di perusahaan/instansi tersebut.
C.
Evaluasi Pelaksanaan Magang Keahlian
Diakhir pelaksanaan magang keahlian, FE UNP akan mengirimkan kuesioner kepada
pimpinan/supervisor tempat magang. Kuesioner ini diberikan untuk mengevaluasi
kegiatan magang yang telah berlangsung. Dalam kuesioner tersebut dimintakan
penilaian, saran dan masukan dari perusahaan/instansi tempat magang yang akan
digunakan untuk perbaikan pelaksanaan magang dimasa datang.
BAB
VII
PENUTUP
Demikianlah Buku Panduan ini disusun
sebagai acuan dalam pelaksanaan magang keahlian
mahasiswa FE UNP. Buku ini diharapkan dapat dipedomi oleh semua pihak
sehingga tercapai tujuan dari pelaksanaan magang keahlian tersebut.
Akhirnya, kami dari pihak pelaksana
mengharapkan saran dan kritik membangun demi perbaikan dan peningkatan kualitas
pelaksanaan matakuliah magang keahlian nantinya. Tidak lupa kami mengucapkan
terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam pelaksanaan
magang keahlian mahasiswa FE UNP ini.
Terima kasih.
JURNAL PEMBIMBINGAN MAGANG
Dosen Pembimbing Magang :
...........................................................
Periode Pelaksanaan Magang : .......................... s/d
...........................
TANGGAL
|
TOPIK BIMBINGAN
|
PARAF
DOSEN
|
|
|
|
JURNAL KEGIATAN HARIAN
Nama Mahasiswa :
NIM :
Program Studi :
Bagian :
Pelaksanaan Magang :Minggu........
Tgl : .........s/d................
No
|
Hari/
Tanggal
|
Pekerjaan yang Dilakukan
|
Kinerja*
|
Paraf Supervisor
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Supervisor,
Tanda
tangan &Cap
Firdaus
Pramana, SE
Lampiran 1 : Format
Cover Laporan Kelompok
LAPORAN
KELOMPOK
MAGANG KEAHLIAN
PT. SEMEN PADANG
HKJO
Oleh:
Mona
Restika 13044
Yola
Sukma 13078
Muhamad
Furqan 13018
Melisa
Elfina 13040
Rendi
Putra Permana 13978
FAKULTAS
EKONOMI
UNIVERSITAS
NEGERI PADANG
2013
Lampiran 2 : Format
Cover Makalah Individu
Meningkatkan Efektifitas Operasional Penagihan Piutang Semen
di PT. Semen Padang
HKJO
Oleh:
RENDI PUTRA
PERMANA
2010/13978
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
FAKULTAS
EKONOMI
UNIVERSITAS
NEGERI PADANG
2013
Lampiran 3 : Format Halaman Pengesahan Laporan Kelompok
LEMBAR PENGESAHAN
Diajukan sebagai
salah satu syarat mata kuliah Magang Keahlian di Fakultas Ekonomi, Universitas
Negeri Padang. Setelah melaksanakan magang pada PT. Semen Padang, terhitung
dari 1 Juli 2013 sampai 2 Agustus 2013
yang disusun oleh:
Mona
Restika 13044
Yola
Sukma 13078
Muhamad
Furqan 13018
Melisa
Elfina 13040
Rendi
Putra Permana 13978
Menyatakan dan mengesahkan
bahwa laporan ini telah disetujui dan sesuai dengan prosedur, ketentuan dan
kelaziman yang berlaku.
Diperiksa
dan disetujui oleh:
Supervisor, Dosen Pembimbing,
Tanda tangan & Cap
Firdaus Pramana,SE Irwan Ganesco SE,MM NIP:197908062006011005
Lampiran 4 : Format Halaman Pengesahan Makalah Individu
LEMBAR PENGESAHAN
Judul Laporan :Meningkatkan Efektifitas Operasional Penagihan Semen di PT. Semen Padang
Nama : Rendi Putra Permana
BP/NIM : 2010/13978
Program Studi : Manajemen
Keahlian : Manajemen Pemasaran
Laporan ini telah diperiksa
dan disetujui oleh Dosen Pembimbing
Padang, Agustus 2013
Disetujui
oleh,
Dosen
Pembimbing
Irwan
Ganesco SE,MM
NIP:197908062006011005
Lampiran 5 : Format Nilai Tempat Magang
NILAI TEMPAT MAGANG
Nama Mahasiswa :
Rendi Putra Permana
BP/NIM : 2010/13978
Program Studi : Manajemen
No
|
Komponen yang Dinilai
|
Angka
|
Bobot
|
Angka x Bobot
|
A
|
Penguasaan dan Penerapan Keilmuan
|
|
0,20
|
|
B
|
Keterampilan
|
|
0,40
|
|
C
|
Kepribadian :
1.
Sikap
2.
Kedisiplinan
3.
Kehadiran
4.
Kerja Sama
5.
Kejujuran
6.
Tanggung Jawab
7.
Inisiatif
8.
Penampilan
& Cara Berpakaian
|
|
|
|
Jumlah C (1 s/d 8)
|
|
|||
Rata-Rata C
|
|
0,40
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Padang, 3 Agustus 2013
Supervisor/Pimpinan
Tanda tangan & Cap
/
Firdaus Pramana, SE
Lampiran 6 : Format Nilai Pembimbing Magang
NILAI PEMBIMBING MAGANG
Nama Mahasiswa :
Rendi Putra Permana
BP/NIM : 2010/13978
Program Studi : Manajemen
Tempat magang :
PT. Semen Padang
No
|
Komponen yang
Dinilai
|
Nilai
|
Bobot
|
Nilai x Bobot
|
A
|
Isi, Materi dan Teknik Penulisan Laporan
|
|
0,60
|
|
B
|
Sikap dan Kepribadian
|
|
0,40
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
||||
II
Lampiran 7 : Format Nilai Akhir Magang
NILAI AKHIR MAGANG
Nama Mahasiswa :
Rendi Putra Permana
BP/NIM : 2010/13978
Program Studi : Manajemen
Tempat magang :
PT. Semen Padang
No
|
Penilai
|
Angka
|
Bobot
|
Bobot x Angka
|
A
|
Nilai
Tempat Magang (NTM)
|
|
0,30
|
|
B
|
Rata-Rata Nilai
Jurnal Kegiatan Harian (NKJ)
|
|
0,30
|
|
C
|
Nilai Dosen
Pembimbing (NPM)
|
|
0,40
|
|
|
Nilai Akhir*
|
|
|
|
|
|
Lampiran 8 : Kuesioner Evaluasi Magang
Pertanyaan
|
Jawaban
|
|||||
Apakah Bapak/Ibu
merasa terbantu dengan adanya mahasiswa magang FE UNP?
|
a. YA
b. TIDAK
|
|||||
a. Integritas
(etika dan moral) ....................................
b. Keahlian/keterampilan
...........................................
c. Bahasa
Inggris .......................................................
d. Penggunaan
teknologi informasi .............................
e. Komunikasi
...........................................................
f. Kerjasama
tim .......................................................
g. Pengembangan
diri ................................................
|
|
|
C
|
K*
|
||
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|||
Apakah Bapak/Ibu
merasa puas dengan kinerja mahasiswa magang FE UNP?
|
a. YA
b. TIDAK
|
|||||
Apakah Bapak/Ibu
menginginkan pelaksanaan magang mahasiswa FE UNP diperpanjang?
|
a. YA
b. TIDAK
|
|||||
Berapa lamakah
idealnya magang mahasiswa FE UNP dilaksanakan di perusahaan/instansi
Bapak/Ibu?
|
a. 1 BULAN
b. 2 BULAN
c. 3 BULAN
|
|||||
Pada periode apakah
magang mahasiswa FE UNP sebaiknya dilaksanakan di perusahaan/instansi
Bapak/Ibu?
|
a. Juli-Agustus
b. Januari-Februari
c. .........................
|
|||||
Berapakah jumlah
mahasiswa magang yang sebaiknya ditempatkan pada perusahaan/instansi
Bapak/Ibu?
|
........... orang
|
|||||
Untuk masa yang
akan datang, apakah dimungkinkan untuk membuat kerja sama kemitraan secara
formal dengan perusahaan/instansi Bapak/Ibu berkaitan dengan pelaksanaan
magang mahasiswa FE UNP?
|
a. YA
b. TIDAK
|
|||||
Bila dibutuhkan,
apakah Bapak/Ibu bersedia memberikan kuliah umum di FE UNP untuk memberikan pengalaman praktis
terkait area pekerjaan di perusahaan/instansi Bapak/Ibu
|
a. YA
b. TIDAK
|
|||||
Apakah ada diantara
mahasiswa magang FE UNP yang memenuhi kriteria untuk diterima bekerja di
perusahaan Bapak/Ibu setelah meraka lulus?
|
a. YA
b. TIDAK
|
No comments:
Post a Comment